Cianjur Siap Berangkatkan Relawan Menuju Palu dan Donggala

0
8

CIANJUR, patas.id – Relawan Kebencanaan Kabupaten Cianjur siap memberangkatkan relawan untuk membantu korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Selain memberangkatkan relawan, mereka juga mengumpulkan donasi untuk disalurkan kepada para korban.

Communication and Rescue Orari Kabupaten Cianjur, Rudi Sjahdiar, mengatakan, saat ini sudah ada 15 personel relawan yang siap diberangkatkan ke lokasi bencana di Palu dan Donggala. Menurut Rudi, para relawan itu disiapkan untuk menggantikan relawan yang sudah lama berada di lokasi bencana.

“Para relawan yang sudah bekerja itu perlu di-rolling karena sudah kelelahan. Relawan dari Cianjur siap menggantikan. Kami sedang berkoordinasi dengan pihak Pemkab Cianjur melalui BPBD Kabupaten Cianjur,” ujar Rudi kepada wartawan, Rabu (3 Oktober 2018).

Rudi menambahkan bahwa relawan asal Cianjur rencananya akan diberangkatkan menuju lokasi bencana di Kabupaten Donggala.

“Sebab, menurut informasi, lokasi Donggala yang masih sulit ditembus bantuan karena lokasinya berat dan terisolir,” imbuh dia.

Rudi menyebutkan, saat ini sudah terdaftar para relawan Penanggulangan Bencana (PB) dari berbagai unsur seperti PMI, Tagana, Orari, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan, yang siap diberangkatkan.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, menjelaskan, pihaknya akan membuka posko donasi bagi warga Cianjur yang akan memberikan sumbangan. Menurut dia, posko akan dibuka di Kantor BPBD Kabupaten Cianjur.

“Kami akan menampung donasi warga karena kami banyak menerima pertanyaan warga yang akan memberikan sumbangan. Kami arahkan warga datang ke BPBD, supaya donasinya bisa kami salurkan secara tepat sasaran,” kata Sugeng.

Sugeng juga mengatakan bahwa BPBD menunggu arahan dan instruksi dari Bupati Cianjur untuk melakukan langkah-langkah, terutama masalah pemberangkatan para relawan.

“Untuk pengiriman relawan, kami menunggu arahan dari Pak Bupati,” tukasnya. (daz)

Comments

comments