Bawaslu Terus Pelototi DPT Hasil Pencermatan

0
22

CIANJUR, patas.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengultimatum Bawaslu di setiap kota dan kabupaten terus mencermati daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019.

Koordinator Divisi Penindakan dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Jawa Barat, Sutarno, menegaskan bahwa upaya tersebut menjadi sebuah langkah efektif agar DPT yang dihasilkan dari pencermatan itu betul-betul berkualitas. Sebab, DPT masih menjadi fokus Bawaslu, khususnya temuan kegandaan data pemilih.

“Bawaslu terus memantau sejauhmana teman-teman di KPU menindaklanjuti rekomendasi terkait DPT yang diindikasikan ganda itu,” ujar Sutarno kepada wartawan di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Cianjur, Kamis (26 September 2018).

Menurut Sutarno, di Jawa Barat terdapat hampir 300 ribuan data terindikasi ganda hasil pencermatan dalam DPT. Setelah divalidasi ulang, hampir 150 ribuan data terindikasi ganda itu dicoret.

“Kami terus berupaya memastikan DPT yang dihasilkan pada Pemilu 2019 betul-betul berkualitas. Butuh sinergitas antara Bawaslu dan KPU untuk terus melakukan pencermatan DPT,” kata dia.

Sutarno menambahkan, hasil Pencermatan itu sudah diputuskan di tingkat pusat ada spare waktu hingga 60 hari ke depan.

“Bawaslu harus memastikan seseorang yang sudah memiliki hak pilih terdaftar dalam DPT. Tidak ada lagi data ganda sehingga validasi harus dilakukan maksimal,” imbuhnya. (daz/*)

Comments

comments