Seluruh Parpol Sudah Setor Rekening Kampanye

0
25

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur sudah menerima semua laporan awal dana kampanye dari seluruh partai politik dan tim kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, menjelaskan, dalam pelaporan dana kampanye tersebut ada tiga tahapan, yaitu laporan awal dana kampanye, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye, dan laporan pemakaian dan pengeluaran dana kampanye.

“Untuk besaran dana awal kampanye yang sudah disetor nilainya beragam. Hal itu sesuai dengan pembukaan rekening yang dilakukan oleh masing-masing partai politik dan tim kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden,” ujar Selly kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Cianjur, Senin (24 September 2018).

Menurut Selly, ada 3 sumber dana kampanye yang bisa digunakan, yaitu dari partai politik, calon, dan pihak lain.

“Pihak lain itu ada 3 kategori, masing-masing perseorangan, kelompok, dan badan usaha,” kata dia.

Selly menambahkan, untuk dana kampanye yang berasal dari partai politik dan calon tidak ada batasan jumlah. Sedangkan yang berasal dari pihak lain ada batasannya sesuai yang diatur dalam PKPU.

“Untuk perseorangan maksimal Rp 2,5 miliar akumulatif, sementara dari kelompok atau badan usaha maksimal Rp 25 miliar akumulatif,” tuturnya. (daz)

Comments

comments