Limbah PT Unitama Jaya Lestari Masih Bermasalah

0
90

CIANJUR, patas.id – Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur mensinyalir kebocoran limbah di PT Unitama Jaya Lestari yang berlokasi di Kampung Panuusan Desa Sindangraja Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur disebabkan infrastruktur pengolahan limbah di pabrik pencelupan tekstil tersebut bermasalah. Pihak Komisi III merekomendasikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, jika masalah ini tidak diselesaikan secepatnya, perusahaan tersebut segera ditutup sementara.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Atep Hermawan Permana, menegaskan, pihaknya mendapat laporan dari warga soal kebocoran limbah cair yang merembes dari kolam penampungan. Menurut Atep, atas dasar laporan tersebut Komisi III kemudian melakukan inspeksi mendadak ke lokasi pabrik.

“Kami menemukan proses pengolahan limbah cair masih bermasalah. Ada satu mesin kolam yang rusak. Kemudian kondisi air pembuangan limbah masih berwarna dan berbusa,” ujar Atep kepada wartawan di lokasi sidak, Senin (24 September 2018).

Atep memberi ultimatum kepada pihak manajemen pabrik, jika dalam waktu satu pekan tidak ada perbaikan, maka Komisi III akan mengeluarkan rekomendasi supaya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur melakukan penutupan sementara.

“Selama satu pekan itu, pabrik dilarang membuang limbah ke luar. Selain itu, jika kondisi limbah yang dihasilkan masih belum memenuhi standar, kami rekomendasikan agar pabrik tersebut ditutup sementara,” tegas Atep.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Akos Koswara, mengaku siap menjalankan rekomendasi Komisi III jika pabrik tersebut membandel.

“Kami sudah cek standar limbahnya, saat ini masih dalam tes laboratorium. Namun, jika hasilnya tidak ditindaklanjuti, kami siap menutup sementara pabrik tersebut,” ujar Akos.

Akos pun meminta pihak manajemen pabrik mentaati aturan dan menjalankan bisnis dengan memperhatikan prosedur yang sesuai dengan undang-undang.

“Termasuk masalah pengelolaan limbah ini. Kalau berbisnis jangan sampai merugikan pihak lain,” tuturnya. (daz)

Comments

comments