DCT Ditetapkan, Masih Ada 17 Caleg yang Bermasalah

0
26

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Cianjur pada Pemilu Legislatif 2019. Namun, masih ada 17 caleg yang bermasalah karena harus menyampaikan surat pengunduran diri dari profesi khusus seperti ASN, kepala desa, dan anggota legislatif yang pindah partai.

Penetapan DCT Pemilu 2019 digelar dalam rapat pleno di Kantor KPU Kabupaten Cianjur, Jalan Ir H Djuanda, Cianjur, Kamis (20 September 2018).

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, menjelaskan, surat pengunduran diri yang dikeluarkan pejabat berwenang seharusnya diterima KPU sehari sebelum penetapan DCT. Namun, kata dia, ada aturan dalam PKPU Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif bahwa jika surat keterangan pengunduran diri tersebut belum selesai diproses, caleg yang bersangkutan bisa membuat surat pernyataan bahwa surat pengunduran diri tersebut belum selesai diproses karena terkendala di pejabat berwenang yang mengeluarkan surat tersebut.

“Memang dalam aturan disebutkan untuk caleg yang berprofesi khusus seperti ASN, kepala desa, dan anggota legislatif yang pindah partai harus ada surat pengunduran diri yang dikeluarkan pejabat berwenang dan diserahkan ke KPU sehari sebelum penetapan DCT. Namun, aturan tersebut tidak saklek karena dalam PKPU Nomor 20 tahun 2018 disebutkan si caleg bisa membuat surat pernyataan bahwa ada kendala sehingga surat tersebut belum selesai diproses oleh pejabat yang berwenang,” ujar Selly kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Cianjur, Kamis (20 September 2018).

Menurut Selly, ada 17 caleg yang harus menyerahkan surat pengunduran diri karena berprofesi khusus. Namun, Selly mengatakan, sebagian dari 17 caleg itu sudah menyerahkan surat pengunduran diri, sebagian lagi menyerahkan surat pernyataan yang intinya surat pengunduran diri tersebut masih dalam proses karena ada kendala.

“Ada 17 caleg yang harus menyerahkan surat pengunduran diri, masing-masing 6 orang ASN, 5 orang kepala desa, dan 6 orang anggota legislatif yang pindah partai. Sebagian sudah, sebagian lagi membuat surat pernyatan,” tutur Selly.

Selain masalah 17 caleg yang harus menyerahkan surat pengunduran diri, Selly menambahkan, KPU tak menemukan kendala dalam penetapan DCT Pemilu 2019. Sebab, setelah penetapan, tak ada lagi perubahan untuk nama-nama caleg yang sudah resmi jadi calon tetap.

“Kalau ada masalah calon mengundurkan diri atau meninggal dunia, statusnya tetap tidak berubah. Tidak bisa dicoret atau diganti,” imbuh Selly. (daz)

Comments

comments