Data Pemilih Tetap Kabupaten Cianjur Mengalami Penyusutan

0
6

CIANJUR, patas.id – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Kabupaten Cianjur susut sebanyak 9.810 dari sebelumnya 1.665.539 menjadi 1.655.729. Penyusutan terjadi setelah penetapan pleno DPT Pencermatan oleh KPU Kabupaten Cianjur, Kamis (13 September 2018).

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Cianjur mengindikasi adanya 30.112 pemilih ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 yang beberapa waktu lalu telah ditetapkan dalam pleno KPU Kabupaten Cianjur.

Komisioner Divisi Data KPU Kabupaten Cianjur, Kusnadi, menjelaskan, setelah dilakukan pencermatan bersama Disdukcapil Kabupaten Cianjur, hasilnya ada penyusutan jumlah DPT sebanyak 9.810 pemilih.

“Jumlah tersebut diperoleh dari hasil pencermatan. Memang ada dua atau lebih nama yang sama, tapi setelah dilakukan pencermatan, termasuk mencocokkan kembali data NIK, ada penyusutan,” ujar Kusnadi saat ditemui usai Pleno DPT Hasil Pencermatan Pemilu 2019 di Aula KPU Kabupaten Cianjur, Kamis (13 September 2018).

Kusnadi menambahkan bahwa penyusutan data tidak sebanyak yang diindikasikan dari Bawaslu RI. Sebab, dari jumlah yang diindikasikan tersebut sudah termasuk data yang valid.

“Jadi jumlahnya tidak terlalu signifikan seperti yang diindikasikan oleh Bawaslu RI. Hasilnya di angka 9.810 pemilih,” tukas Kusnadi.

Kusnadi tidak menjamin penetapan DPT Hasil Pencermatan ini tidak akan berubah kembali. “Tergantung hasil pleno penetapan DPT Hasil Pencermatan tingkat nasional,” tandasnya. (daz)

Comments

comments