Pohon Tumbang Timpa Empat Rumah di Mande

0
14

CIANJUR, patas.id – Diduga sudah keropos, sebuah pohon besar yang sudah berusia tua di Kampung Gandasoli, Desa Cikidangbayabang, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, tumbang menimpa 4 rumah warga, Selasa (4 September 2018). Akibatnya, 3 orang warga harus dirawat di Puskesmas Ciranjang karena tertimpa batang pohon.

Meti Kristina, salah seorang warga setempat, menjelaskan, selain merusak rumah, pohon tumbang juga menimpa warga yang sedang melakukan aktivitas.

“Ada tiga orang yang kena dan langsung dibawa ke Puskesmas Ciranjang. Dua orang sudah diperbolehkan pulang karena hanya menderita luka ringan. Sedangkan satu orang lagi masih dirawat karena luka di kaki kanan serta kepala sobek,” ujar Meti kepada wartawan, Selasa (4 September 2018).

Meti menambahkan, pada saat kejadian beruntung warga lainnya yang berada di dalam rumah sempat lari keluar menyelamatkan diri.

“Pada saat kejadian, berasa ada getaran gitu. Saya kira gempa bumi. Saya lagi di dalam rumah, saat keluar tiba-tiba brak, ada pohon tumbang,” imbuh dia.

Hingga siang hari petugas dari BPBD Kabupaten Cianjur dibantu warga masih mengevakuasi batang pohon yang menimpa rumah warga.

“Tak ada hujan tak ada angin, tahu-tahu ada pohon tumbang. Diduga pohonnya sudah tua dan keropos,” ujar Herman, salah seorang petugas BPBD.

Sementara itu, Ujang Sofyan, salah seorang warga mengaku sudah sejak lama khawatir dengan kondisi pohon yang sudah tua tersebut. Bahkan, kata dia, pada tahun 2014 warga pernah melaporkan kondisi pohon tersebut.

“Kondisi pohon itu ke bawahnya sudah lapuk. Ya, makanya sampai tumbang saat ini tak ada tanggapan sama sekali. Sering ada yang memeriksa, hanya minta foto-foto, tapi tak ada pemangkasan apalagi penebangan,” tutur Ujang.

Ujang berharap pemerintah melakukan pengecekan kondisi pohon di sekitar pemukiman warga.

“Apalagi pohon-pohon besar di pinggir jalan yang usianya sudah tua dan kondisinya rapuh,” tandas dia. (daz/*)

Comments

comments