Kenapa Bawaslu Belum Tindak Pemasang APK di Luar Jadwal?

0
33

CIANJUR, patas.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Barat mengingatkan agar para caleg tidak melakukan kampanye di luar jadwal. Namun, meskipun sudah banyak caleg yang memasang alat peraga kampanye (APK), belum satu pun tindakan yang dilakukan Bawaslu.

Ketua Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenty, mengatakan, dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum, pemasangan alat peraga yang diperbolehkan sebelum masuk tahapan kampanye adalah sosialisasi nomor partai politik dan nomor urut caleg. Namun, kata Lolly, sampai saat ini Bawaslu belum menemukan adanya pelanggaran meskipun sudah banyak baligo atau spanduk yang dipasang para caleg.

“Tindakan bisa dilakukan kalau memenuhi unsur secara kumulatif kategori kampanye. Jika salah satu tak terpenuhi, maka tak masuk kategori kampanye di luar jadwal,” ujar Lolly saat diwawancara usai acara sosialisasi di Ciloto, Cianjur, Kamis (30 Agustus 2018).

Menurut Lolly, kasus dugaan kampanye di luar jadwal yang pernah dilaporkan di Bekasi, ternyata saat dirindaklanjuti tak memenuhi unsur kampanye.

“Unsur kampanye itu antara lain pemasangan gambar, nomor urut, ajakan, dan penyampaian visi-misi. Kebanyakan yang ditemukan adalah pemasangan gambar dan nomor urut saja, tidak ada ajakan atau penyampaian visi-misi. Jadi tak memenuhi unsur kampanye,” tutur Lolly.

Lolly mengimbau kepada seluruh caleg, khususnya di Jawa Barat, agar mematuhi aturan. Jika belum memasuki masa kampanye, para caleg jangan dulu memasang alat peraga kampanye.

“Sanksinya kalau terbukti, ya pidana. Makanya, sebaiknya jangan dulu pasang alat peraga sebelum masuk jadwal kampanye,” tandas Lolly. (daz)

Comments

comments