Dua Petani Takokak Divonis 1 Tahun 5 Bulan

0
90

CIANJUR, patas.id – Dua petani asal Desa Simpang Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, divonis 1 tahun 5 bulan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Cianjur, Kamis 23 Agustus 2018. Vonis majelis hakim yang diketuai hakim Lusiana Aping itu lebih ringan dari tuntutan jaksa 2 tahun 6 bulan.

Koko Koswara dan Solihin Abdurahman, dua petani yang menggarap lahan perkebunan PT Pasirluhur Desa Cisujen Kecamatan Takokak dituding telah melakukan pengrusakan lahan perkebunan teh yang dijadikan lahan garapan pada tahun 2013. Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum Siti Nurhayati menyebutkan bahwa lahan yang digarap kedua petani tersebut berada di lokasi perkebunan PT Pasirluhur.

“Selain menggarap, mereka melakukan pengrusakan kebun teh di lahan garapan yang milik perkebunan PT Pasirluhur,” kata Siti dalam dakwaannya.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa, Ubun Burhanudin, mengaku putusan hakim tidak kuat secara legal standing.

“Undang-undang Perkebunan yang digunakan sebagai dasar putusan saat ini sedang dalam proses gugatan di Mahkamah Agung, jadi tidak bisa dijadikan dasar hukum,” kata Ubun.

Kedua terdakwa mengaku pikir-pikir atas putusan hakim tersebut. Sementara Ketua Paguyuban Petani Cianjur, Erwin Rustiawan menegaskan bahwa putusan 1 tahun 5 bulan bagi kedua petani terlalu tinggi.

“Tidak memenuhi unsur keadilan, karena apa yang didakwakan jaksa tidak sesuai fakta yang ada di lapangan,” kata Erwin. (daz)

Comments

comments