Api Asian Games Singgah di Pendopo Cianjur, Jalan Harus Steril

0
24

CIANJUR, patas.id – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Cianjur yang akan dilintasi api Asian Games 2018 bakal disterilkan pada 13 Agustus mendatang. Pengendara pun diimbau untuk mengambil rute alternatif, terutama saat iring-iringan pembawa api Asian Games melintas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, mengatakan, berdasarkan hasil perencanaan, jalur yang dlilintasi sudah dipastikan akan steril dari kendaraan, termasuk yang parkir di badan jalan.

“Untuk beberapa saat akan sangat steril, kendaraan tidak bisa melintas ke jalur yang sudah ditentukan. Namun setelah rombongan melintas, beberapa jenis kendaraan bisa masuk dengan beberapa catatan, terutama angkot yang tidak boleh ngetem di titik rawan macet,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (8 Agustus 2018).

Dia memaparkan, ruas jalan yang bakal dilalui adalah Jalan Raya Bandung, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Mangunsarkoro, Jalan Aria Cikondang, Jalan Siliwangi, dan Jalan Siti Jenab.

“Jadi titik awal penyambutan di Terminal Rawabango dan berakhir di Pendopo Cianjur,” tuturnya.

Menurutnya, petugas dari Dishub akan diterjunkan dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengaturan lalu lintas di tiap persimpangan, terutama saat jalur dilintasi rombongan. “Kami bekerja sama dengan kepolisian untuk pengaturan jalur, termasuk pengalihan arus ke jalan alternatif,” kata dia.

Dia mengatakan, terkait rencana tersebut, pihaknya bakal melakukan sosialisasi dengan mengirimkan surat ke sejumlah instansi. Pengendara pun diimbau untuk mengambil jalur alternatif dan tidak melintas ke jalur yang bakal dilintasi api Asian Games.

“Mulai hari ini sosialisasi dilakukan, baik dengan surat ataupun dengan bentuk informasi lainnya,” kata dia.

Pemerintah Kabupaten Cianjur terus mempersiapankan penyambutan obor Asian Games 2018 yang direncanakan bakal melintas ke Cianjur pada 13 Agustus 2018. Atlet asal Cianjur pun akan mendampingi rombongan pembawa obor.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, obor tersebut akan dibawa oleh para atlet nasional dan didampingi para legenda olahraga, seperti Susi Susanti mantan pebulutangkis nasional bersama Tantri Kotak sebagai ambassador Asian Games 2018 akan disambut di perbatasan Cianjur-Bandung barat tepatnya di Kecamatan Haurwangi.

“Saat ini kami terus berkoordinasi dengan aparat terkait TNI/Polri guna mempersiapkan pengamanan rencana kedatangan obor Asian Games,” kata Asisten Daerah I Setda Kabupaten Cianjur, Asep Suparman.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan KONI Kabupaten Cianjur terkait keterlibatan 10 orang atlet Cianjur yang akan mendampingi pembawa api obor Asean Games itu. Dia menjelaskan, setelah disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur di Terminal Rawabango, obor akan dibawa atlet nasional dan lokal Cianjur serta pasukan gabungan terdiri dari TNI dan Polri yang dibentuk Inasgoc.

“Semalam di Cianjur obor selanjutnya kembali diserahkan pada panitia Inasgoc yang akan membawanya ke Kota Bogor. Kami berharap seluruh lapisan menyambut meriah kedatangan obor Asian Games,” katanya.

Pemkab Cianjur, tambah dia, akan mengelar berbagai ragam kesenian dan kebudayaan dalam rangka menyambut kedatangan rombongan obor Asian Games di sejumlah titik yang akan dilalui termasuk malamnya melakukan pawai obor. (daz/*)

Comments

comments