Alhamdulillah, Tahun Ini Jamaah Haji Asal Cianjur Bertambah

0
26

CIANJUR, patas.id – Jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Cianjur yang berangkat pada tahun 2018 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini jamaah calon haji yang berangkat berjumlah 1.350 orang.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, kepada wartawan saat menghadiri bimbingan massal manasik haji di Gedung Assakinah, Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Cianjur, Senin (9 Juli 2018).

Herman menyebutkan jamaah calon haji asal Cianjur yang akan berangkat tanah suci Mekkah akan dibagi menjadi empat kelompok terbang (Kloter).

“Tahun ini jumlah jamaah calon haji sebanyak 1.350, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Mereka akan dibagi dalam empat kloter,” kata orang nomor dua di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Cianjur itu.

Untuk kloter pertama, yaitu kloter 27, jelas Herman, rencananya akan berangkat pada 24 Juli mendatang. Herman meminta, agar warga ikut mendoakan seluruh jamaah calon haji asal Kabupaten Cianjur agar selalu diberikan keselamatan, kesehatan, dan keberkahan selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Diawali kloter 27 yang direncanakan berangkat pada 24 Juli mendatang, dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada 4 Agustus,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Herman, Pemkab Cianjur juga menyiapkan petugas kesehatan haji yang akan mendampingi para jamaah selama menjalankan ibadah haji. “Setiap kloter akan didampingi satu orang dokter, dengan dua orang perawat. Sehingga, akan ada 12 orang petugas kesehatan asal Kabupaten Cianjur yang juga berangkat untuk mendampingi ke tanah suci,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Buchori, mengatakan, manasik haji merupakan kegiatan rutin jamaah calon haji sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji.

“Manasik haji di Cianjur kultur masyarakatnya bersifat homogen artinya ketaatan kepada tokohnya masih sangat kental, itu tandanya pelaksanaan ibadah haji di Cianjur terlaksana dengan baik, karena selain itu dilihat dari para jamaah calon haji yang antusias melaksanakan berbagai kegiatan sebelum keberangkatan,” kata Buchori. (daz/*)

Comments

comments