KPU Cianjur Mulai Distribusikan Surat Suara

0
51

CIANJUR, patas.id – KPU Kabupaten Cianjur mulai mendistribusikan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018, Minggu (24 Juni 2018). Tetapi, surat suara belum akan dikirimkan ke setiap KPPS, melainkan sebatas sampai PPK atau tingkat kecamatan, mengingat formulir C sampai C5 masih belum diterima.

Komisioner Divisi Logistik KPU Kabupaten Cianjur, Baban Marhaenda, mengatakan, pendistribusian dilakukan dari titik pengemasan surat suara ke simpul suara, yakni di Gelanggang Generasi Muda (GGM) Panembong, Cianjur. Di hari pertama, surat suara untuk wilayah Cianjur Selatan pun dikirimkan dengan target bisa sampai paling lambat Minggu malam.

“Hari ini kami kirimkan surat suara ke 16 kecamatan di wilayah Cianjur selatan. Kami yakin sehari ini bisa tuntas untuk selatan, mengingat sore hari saja tinggal dua kecamatan yang menunggu untuk dikirim. Sementara itu untuk wilayah perkotaan dan Cianjur utara, rencananya akan dikirim besok (Senin, red),” ujar dia kepada wartawan, di sela kegiatan distribusi, Minggu (24 Juni 2018).

Menurutnya, pengiriman dilakukan dengan menggunakan truk, setiap kecamatan dikirim dengan satu truk. Anggota kepolisian pun mengawal pengiriman surat suara agar sampai tujuan dengan aman, tanpa terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Iya, satu truk mengirimkan surat suara ke satu kecamatan. Dari sisi keamanan sudah koordinasi dengan polres, setiap kendaraan distribusi dikawal oleh anggota Polres Cianjur,” kata dia.

Baban mengungkapkan, pengiriman surat suara terlambat dari target yang sudah dibuat, yakni pada lima hari sebelum pelaksanaan pencoblosan. Hal itu dikarenakan sampul surat suara baru datang pada Sabtu (23 Juni 2018) sore, sehingga baru pada Minggu pagi, surat suara dipindahkan dari plastik khusus dari KPU Cianjur ke sampul suara yang disediakan KPU Jabar.

Bahkan, lanjut dia, surat suara rencananya tidak akan langsung didistribusikan ke 3.821 TPS, tetapi akan disimpan dulu di setiap PPK. Pasalnya, KPU Cianjur belum kunjung menerima formulir C sampai C5, padahal formulir tersebut mesti diserahkan berbarengan dengan surat suara.

“Informasinya malam ini formulir C tersebut bakal tiba dan diterima oleh KPU Cianjur. Jadi sementara waktu surat suara disimpan di PPK sambil menunggu distribusi formulir C supaya tidak ada keterlambatan,” kata dia.

Baban mengakui bahwa kondisi geografis Cianjur cukup menyulitkan, mengingat ada juga TPS yang tidak bisa dijangkau mobil ataupun sepeda motor. Namun dia berharap, tim di tingkat PPS hingga ke KPPS bisa menangani kendala medan di lapangan, sehingga surat suara bisa tiba tepat waktu.

“Kami harap pada Selasa (25 Juni 2018) sore sudah tiba di masing-masing KPPS. Supaya pelaksanaannya nanti tidak ada kendala lainnya,” tutur dia.

Perlu diketahui, untuk Kabupaten Cianjur sendiri memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT ) sebanyak 1.653.805 pemilih. (isl)

Comments

comments