Pelipatan Surat Suara Pilgub Sudah Dimulai

0
71

CIANJUR, patas.id – Sekitar 700 orang mulai melakukan aktivitas pelipatan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Pelipatan yang digelar KPU Kabupaten Cianjur itu dilakukan di Gedung Pemuda Jalan Ir H Djuanda, Panembong, Cianjur, Sabtu (2 Juni 2018).

Komisioner Divisi Logistik KPU Kabupaten Cianjur, Baban Marhaenda, menjelaskan, pelipatan surat suara yang melibatkan warga ini rencananya digelar selama dua hari. Menurut dia, target dua hari tersebut untuk melipat surat suara sesuai jumlah yang didistribusikan dari KPU Jawa Barat.

“Jumlahnya sesuai DPT ditambah cadangan sebanyak 2,5 persen atau 1.653.805 DPT ditambah 43.216 dari 2,5 persen sehingga total surat suara yang dilipat di Cianjur sebanyak 1.697.021 lembar,” ujar Baban kepada patas.id di Gedung Pemuda, Sabtu (2 Juni 2018).

Secara teknis, Baban menyebutkan, waktu yang disediakan untuk melipat mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB atau sesuai target.

“Target setiap orang dalam satu hari bisa melipat surat suara sebanyak 1.500 lembar,” imbuh Baban.

Untuk masalah kualitas surat suara serta tanda-tanda pengaman supaya terhindar dari pemalsuan, Baban mengaku tidak mengetahui karena pengadaan dan pendistribusian dilakukan KPU Jawa Barat.

“Kita hanya tahu saat mengambil surat suara dari KPU Jawa Barat di Bandung. Soal teknis penempatan tanda pengaman dan kualitas kami tidak tahu,” tutur Baban.

Sampai saat ini belum ada laporan jumlah surat suara yang rusak yang ditemukan dalam proses pelipatan surat suara. (daz)

Comments

comments