Buruh Pabrik Lebih Diminati

0
87

CIANJUR, patas.id – Sektor industri masih menjadi primadona dan target pencari kerja di Cianjur untuk melamar pekerjaan. Hal itu terbukti dengan sebagian besar pencari kerja yang melamar ke industri menengah dan besar dalam kegiatan bursa kerja atau Job Fair 2018 di Lapang Prawatasari, Selasa (8 Mei 2018).

Salah satu perusahaan yang jadi target adalah PT Pou Yuen Indonesia. Meski tak menerima banyak tenaga kerja, tetapi perusahaan terbesar di Cianjur tersebut paling banyak dimasuki berkas lamaran oleh pencari kerja yang rata-rata usia belasan tahun, khususnya mereka yang baru lulus SMA/SMK sederajat.

Padahal, perusahaan tersebut hanya menampung sekitar 200 tenaga kerja dari ribuan berkas yang masuk dalam job fair. Sementara beberapa perusahaan lainnya menerima lebih banyak, bahkan sampai 600 tenaga kerja, namun tidak begitu banyak diminati oleh pencari kerja.

“Jadi miris juga, melihat perusahaannya besar padahal serapan tenaga kerjanya sedikit, sedangkan yang banyak menerima tidak banyak dilamar. Sama-sama menerapkan UMK dan memberikan hak normatif, seharusnya melihat potensi diterima juga, bukan melihat orang banyak masuk ke mana,” ungkap Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, usai melakukan kunjungan ke arena Job Fair 2018, Selasa (8 Mei 2018).

Dia juga mengakui saat ini mayoritas pencari kerja lebih memilih bekerja sebagai buruh pabrik. Padahal dari 31 perusahaan yang dilibatkan, sebagian merupakan lowongan dari sektor perbankan, restoran, hotel, hingga bidang lainnya.

“Kalau kami mengarahkan untuk sesuai dengan kemampuan pribadinya, tapi memang yang banyak itu ke perusahaan sebagai buruh,” tuturnya.

Di samping itu, Herman juga menekankan perusahaan di Cianjur untuk tidak banyak menggunakan tenaga kerja asing (TKA), mengingat tenaga kerja asal Cianjur pun diklaim memiliki keahlian yang setara atau lebih dibandingkan TKA.

“Jangan sampai TKA masuk dulu ke Cianjur. Gunakan dulu tenaga kerja lokal untuk setiap bagian. Dengan begitu Cianjur bisa lebih maju dan berdaya saing, kami juga yakin mereka punya kemampuan lebih,” kata Herman. (daz/*)

Comments

comments