Pemohon Kartu Kuning Membludak

0
98

CIANJUR, patas.id – Ratusan pencari kerja yang didominasi lulusan baru SMA/SMK sederajat memenuhi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur sejak beberapa hari lalu. Mereka pun beramai-ramai membuat kartu kuning (AK1) untuk bisa mengikuti job fair yang mulai digelar Selasa (8 Mei 2018).

Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Cianjur, Heri Suparjo, mengatakan, sejak beberapa hari lalu, terlebih usai pengumuman kelulusan SMA/SMK sederajat, pemohon kartu kuning (AK1) melonjak. Dari yang biasanya sebatas puluhan hingga di atas 100 orang, menjadi lebih kurang 500 orang setiap harinya.

“Bahkan hari ini nomor antrean yang keluar sudah di angka 700. Meningkatnya sangat signifikan, didominasi oleh usia belasan tahun, terutama yang baru menerima kelulusan,” kata dia, Senin (7 Mei 2018).

Lonjakan pemohon, lanjut Heri, membuat Disnaker menambah jumlah petugas yang melayani pembuatan kartu kuning. Bahkan layanan dibuka hingga melebihi jam kerja agar pemohon bisa dilayani seluruhnya, sesuai dengan nomor antrean yang keluar.

“Untuk jam kerja ditambah, termasuk jam istirahat makan pun bergantian. Sebab kalau semuanya serentak, akan banyak dokumen yang menumpuk, sementara pemohon terus bertambah,” kata dia.

Heri mengungkapkan, rata-rata pemohon tersebut segera membuat kartu kuning untuk mengikuti job fair yang digelar selama dua hari, yakni pada 8 dan 9 Mei 2018. Puluhan perusahaan pun terlibat dalam bursa kerja yang ditargetkan bisa menyerap lebih kurang 2.000 tenaga kerja.

Apalagi, setiap pencari kerja tidak dibatasi jumlah lamaran. Seorang pencari kerja bisa melamar ke lebih dari tiga perusahaan sekaligus. Sehingga pencari kerja memiliki kesempatan luas untuk mendapatkan pekerjaan, meskipun mereka nantinya akan bersaing bersama ribuan pencari kerja lainnya.

“Untuk tahun ini jumlah tenaga kerja yang terserap lebih banyak lagi. Kesempatan pun terbuka luas. Tapi untuk antisipasi membludaknya pencari kerja yang mengikuti job fair, diberlakukan nomor urut dengan juga dijaga oleh petugas keamanan,” tuturnya. (daz/*)

Comments

comments