Jalur Angkum Tidak Berubah

0
68

CIANJUR, patas.id – Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur tidak akan mengembalikan rute angkutan umum (angkum) ke jalur lama. Pasalnya, rute jalur terbaru dinilai mampu memberikan keuntungan bagi pengemudi. Namun untuk memaksimalkannya, Dishub bakal melakukan penyempurnaan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, menuturkan, dari hasil beberapa kali pertemuan, termasuk pada Jumat (4/5) sore, pihak pengemudi angkum sudah menyepakati tetap diterapkannya rute angkutan yang baru dengan beberapa penyempurnaan.

“Jadi tidak ada masalah, tetap pada jalur sekarang. Tapi nanti ada penyempurnaan untuk beberapa hal supaya potensinya maksimal,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (7 Mei 2018).

Menurutnya, penyempurnaan itu meliputi penyelesaian titik kemacetan dimana pada awal penerapan ada lebih kurang 16 titik macet di Cianjur. Namun sekarang sebagian besar sudah dinormalisasi hingga menyisakan lima titik macet di sejumlah ruas jalan.

“Sudah menurun drastis, kami juga akan terus berusaha agar titik macet semuanya tuntas. Mulai dari penertiban parkir liar hingga angkum yang ngetem,” tuturnya.

Terkait lintasan, Rahmat mengatakan bakal ada penyesuaian. Lintasan yang terlalu panjang, menurutnya akan diperpendek sesuai dengan kebutuhan, begitupun yang terlalu pendek maka akan ada penambahan panjang lintasan. tetapi semua itu akan dikaji bersama supaya tidak menimbulkan konflik antarpengemudi.

“Nanti dikaji lebih matang lagi, dibahas sebaik mungkin supaya tidak menimbulkan permasalahan baru. Tapi pada intinya kami akan sempurnakan jalur yang saat ini diterapkan,” tuturnya.

Sementara itu, Rian, salah seorang pengurus angkum lintasan 04, mengaku pihaknya akan menunggu penyempurnaan yang dilakukan pemkab. Sementara waktu, dia dan pengemudi angkum akan kembali beroperasi hingga penyempurnaan selesai.

“Katanya bertahap, sekarang lintasan 1 dan 2 yang disempurnakan, nanti sisanya menyusul. Kita lihat saja seperti apa penyempurnaannya, apa bisa memberikan keuntungan atau tidak pada pengemudi angkum,” pungkasnya. (daz/*)

Comments

comments