Sekjen PAN: Longsor Puncak Berdampak Banyak

0
39

CIANJUR, patas.id – Sekertaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional Eddy Soeparno bersama PHRI Jabar mengadakan rapat internal di salah satu hotel di Puncak Pass, Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjut, Senin (16 April 2018).

“Kami membahas berbagai permasalahan yang saat ini dihadapi oleh PHRI, akibat bencana longsor pada bulan Februari lalu. Karena hal ini sangat besar dampak yang dirasakan oleh para pengelola restoran dan hotel yang ada di Jalur Puncak ini,” kata Eddy Soeparno kepada wartawan, Senin (16 April 2018).

Eddy mengatakan, banyak faktor yang dirasakan oleh para pengelola restoran dan hotel di Jalur Puncak tersebut, di antaranya perekonomian mengalami penurunan. Bahkan seperti pelaku UMKM pasar tradidional juga mengalami penurunan yang cukup besar, karena kurangnya pengunjung atau wisatawan yang datang ke Puncak sehingga daya beli para pengelola hotel maupun restoran cenderung berkurang.

“Mungkin imbasnya bisa jadi ke para peternak ayam, karena yang tadinya omset penjualan telor berjalan lancar, kini bisa jadi berkurang karena pengunjung atau wisatawan yang masuk ke hotel maupun restoran berkurang,” katanya.

Eddy mengatakan, pemerintah pusat sudah seharusnya menyelesaikan permasalahan ini. Karena kalau dibiarkan terlalu lama bisa merugikan masyarakat. Menurutnya, yang tadinya Puncak dijadikan destinasi wisata baik dalam maupun luar negeri maka dipastikan akan mencari jalan lain selain Puncak.

“Yang paling penting adalah pembenahan infrastruktur yang ada harus cepat diperbaiki dan tidak boleh sistem tambal sulam, atau harus komperhensif,” terang Eddy.

Ia mengatakan, jalur akses alternatif yang ada seperti Puncak II sudah harus dibenahi, sehingga jalur alternatif tersebut betul-betul bisa digunakan untuk mengakses daerah-daerah kawasan Puncak Cipanas dan sekitarnya.

“Perlu diketahui, jalur alternatif saat ini pun bukan akses yang ideal. Karena membutuhkan waktu yang lama juga jalur alternatif Puncak II tidak terlalu baik untuk digunakan,” pungkasnya. (daz/*)

Comments

comments