Jalur Puncak Mulai Buka-Tutup

0
84

CIANJUR, patas.id – Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto, memastikan perbaikan jalan Puncak Pass-Cianjur, Jawa Barat, tuntas menjelang Lebaran Idul Fitri 2018 dan saat ini sudah dapat dilalui secara bergantian.

“Kita akan coba hari ini, untuk dapat dilalui kendaraan dengan sistem satu arah bergantian. Berdasarkan kajian bersama Kementrian PUPR perbaikan akan selesai sebelum hari raya beberapa bulan ke depan,” katanya saat meninjau lokasi, Jumat (30 Maret 2018).

Dia menjelaskan, kendaraan yang dapat melintas di jalur tersebut masih terbatas jenis roda dua dan roda empat berpenumpang. Sedangkan kendaraan berat seperti truk dan bus belum dapat melintas sampai perbaikan jalan tuntas.

Sedangkan proses perbaikan tebing yang kembali longsor akan tetap dilakukan, meskipun arus lalu lintas tetap melintas. Rencananya untuk memperkuat landasan jalan pihak PU akan memangkas lereng di bagian kiri agar landasan jalan lebih kuat.

Sehingga beban di bahu jalan sebelah kanan dapat berkurang dengan dipangkasnya tebing di sebelah kiri jalan yang akan dilalui kendaraan.

“Perbaikan kembali tebing yang nyaris membuat jalan ambrol dapat diperbaiki tanpa beban di atasnya,” kata Agung.

Dia menambahkan, mulai hari ini jalur Puncak akan dibuka kembali dengan sistem buka tutup satu arah di lokasi bencana alam, sehingga jalur tersebut tetap dapat dilalui kendaraan dari kedua arah secera bergantian.

“Hari ini akan kita koordinasikan agar secepatnya dibuka kembali jalur tersebut karena selama ini Jalur Puncak-Cianjur, merupakan jalur favorit wisatawan untuk menghabiskan libur panjang,” katanya.

Sementara pihak BBPJN VI Jakarta, Suyono, mengatakan berdasarkan hasil kajian dan masukan Menteri PUPR, menyaranakan untuk mengunakan beton ringan pada perbaikan jalan yang bagian tebingnya kembali longsor di Puncak Pass.

“Agar alam tidak terbebani akan dilakukan pengecoran dengan beton ringan serta dilakukan pemangkasan tebing sebelah kiri jalan yang longsor, untuk dibangun landasan jalan baru, sehingga tebing yang sedang diperbaiki tidak kembali longsor,” katanya. (daz/*)

Comments

comments