Awas, Jalan Ambles di Jalur Puncak Pass

0
83

CIANJUR, patas.id – Pengendara yang melintas di Jalur Puncak diimbau untuk berhati-hati. Pasalnya, bahu jalan penyangga jalur Puncak Pass di Desa Ciloto Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur kembali ambles sepanjang 150 meter dengan lebar rekahan 50 sentimeter.

Amblesnya jalan terjadi secara bertahap Rabu (28 Maret 2018) sekitar pukul 04.00 WIB sampai dengan siang hari.

Camat Cipanas, Dadan Ahmad Muharram, mengatakan, pihaknya bersama Muspika Cipanas langsung meninjau lokasi setelah ada laporan amblesnya badan jalan yang sedang diperbaiki karena longsor beberapa waktu lalu tersebut.

“Kami menerima laporan amblesnya badan jalan sepanjang 150 meter dengan lebar rekahan 50 sentimeter,” kata Dadan di lokasi Puncak Pass, Rabu (28 Maret 2018).

Dia mengaku belum menerima laporan dari para peneliti terkait penyebab amblesnya jalan tersebut.

“Pada intinya kami peduli terhadap bencana ini, kami Muspika memberikan imbauan kepada warga agar berhati-hati,” katanya.

Terlihat di lokasi amblesnya jalan Danramil Cipanas Kapten Dadi Mulyadi dan Kapolsek Pacet Kompol Suhartono.

Di lokasi, garis dilarang untuk melintas sudah dipasang oleh pihak Bina Marga. Kain putih dibentangkan di daerah rekahan tanah untuk meminimalisir erosi saat terjadi hujan lebat.

Kasi Trantib Kecamatan Cipanas Ade Nurodin mengatakan, beberapa warga melapor bahwa sebelum terjadi ambles ada beberapa rekahan tanah namun kecil.

“Hujan deras memang mengguyur kawasan Puncak Pass dalam beberapa hari terakhir,” kata Ade.

Di lokasi terlihat beberapa petugas dari Bina Marga memeriksa lokasi amblesnya jalan. Tak ada kegiatan yabg dilakukan setelah tanah ambles. Beberapa alat berat masih berada di lokasi.

“Kami menerima kabar bahwa di lokasi akan ditambah paku bumi untuk menambah kekuatan,” kata Ade. (daz/*)

Comments

comments