Banjir Lumpur Terjang Lembur Warung

0
58

CIANJUR, patas.id – Warga Kampung Lembur Warung, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, dikejutkan banjir lumpur yang menerjang kawasan permukiman mereka, Rabu (7 Maret 2018) sore hingga malam. Akibatnya puluhan rumah sempat terendam banjir lumpur dan satu rumah rusak karena terkena longsoran tanah.

Kepala Desa Batulawang, Nanang Rohaendi, mengatakan, banjir lumpur terjadi karena saluran air yang meluap tak mampu menampung air akibat hujan lebat mengguyur kawasan Desa Batulawang dan sekitarnya. Warga belum merinci berapa kerugian yang dialami akibat banjir lumpur tersebut. Hingga Kamis (8 Maret 2018) warga masih terlihat membersihkan sisa-sisa lumpur yang masuk ke dalam rumah.

“Tak hanya banjir yang menggenang ke pemukiman warga, tetapi hujan besar kemarin mengakibatkan longsor sehingga satu rumah warga rusak berat,” ujar Nanang, Kamis (8 Maret 2018) di Cipanas.

Nanang mengatakan bencana banjir dan longsor sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur. Ia berharap BPBD segera turun mendata dan memberikan bantuan kepada warga. “Kami belum rinci berapa kerugian yang dialami warga,” kata Nanang.

Menurut Nanang, banjir lumpur juga mengakibatkan beberapa petak sawah warga gagal panen. Warga pun tak bisa memetik hasil tanam mereka akibat bencana banjir lumpur ini.

Seorang warga Kampung Lembur Warung, Asep (47 tahun) mengatakan, banjir lumpur terjadi akibat luapan air karena debit air hujan begitu besar. Saluran air dan gorong-gorong yang ada tidak bisa menampung air yang begitu banyak. Asep mengatakan hal tersebut menyebabkan air masuk ke pemukiman warga.

“Bencana ini membuat aktivitas warga terhambat karena kendaraan yang biasa membawa hasil pertanian tidak bisa melintas. Saya berharap pemerintah daerah bisa secepatnya membantu warga korban banjir,” katanya. (daz/*)

Comments

comments