KPU Gelar Bimtek Pemutakhiran Data DPS

0
95

CIANJUR, patas.id – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cianjur menggelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data dalam rangka penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Bimbingan teknis ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari mulai Kamis (1 Maret 2018) sampai Jumat (2 Maret 2018) di Delaga Biru Hotel, Cipanas, Cianjur.

Komisioner Divisi Teknis, Program, dan Data KPU Kabupaten Cianjur, Kusnadi, menjelaskan, peserta bimbingan teknis ini terdiri dari 32 anggota PPK Divisi Teknis, Program, dan Data. Menurut dia, tujuan diselenggarakannya bimtek ini untuk meningkatkan pemahaman mengenai mekanisme serta tata cara pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih sementara melalui aplikasi Sitagis, Sicoklit, dan Sidalih.

“Pengambilan data by name dari Sistem Pencocokan dan Penelitian (Sicoklit) ke Sistem Data Pemilih (Sidalih) menjadi materi utama dalam bimtek ini,” ujar Kusnadi dalam rilis yang disampaikan kepada patas.id, Jumat (2 Maret 2018).

Kusnadi menambahkan, selaku Divisi Teknis, Program, dan Data, kegiatan bimtek ini dalam rangka mempersiapkan data yang rapi dan valid untuk pelaksanaan pleno di tingkat PPS, PPK, dan KPU.

“Target diadakan bimtek ini, PPK dan PPS setelah pleno nanti mempersiapkan pemutakhiran data dan pemilih dari DPS menuju ke DPT,” tuturnya.

Dalam kegiatan bimbingan teknis ini, kata Kusnadi, PPK melakukan simulasi pengambilan A.A-KWK (Daftar Pemilih Baru), A.B-KWK (Daftar Perubahan Pemilih Hasil Pemutakhiran), A.C-KWK (Daftar Pemilih Potensial Non KTP Elektronik), model A.1-KWK (Daftar Pemilih Sementara) serta hasil perbaikan.

“Semua pengambilan data itu harus by name dan by adress,” kata Kusnadi. (daz/*)

Comments

comments