Ratusan Peternak Ikan Ramai-ramai Bersihkan Cirata

0
134

CIANJUR, patas.id – Ratusan peternak ikan jaring terapung membersihkan Waduk Cirata di Blok Jangari Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur, Rabu (28 Februari 2018). Mereka membersihkan sampah dan eceng gondok agar Bendungan Cirata menjadi lebih bersih sekaligus meningkatkan produktivitas ikan.

Ratusan peternak ikan yang tergabung dalam sebuah paguyuban itu melakukan bersih-bersih karena kondisi waduk sudah kotor serta dipenuhi eceng gondok. Kondisi tersebut membuat para peternak ikan jaring terapung sering kesulitan melakukan aktivitas.

Sebanyak 20 perahu digunakan untuk mengangkut sampah dan eceng gondok dari tengah waduk menuju ke darat. Selain itu, para peternak ikan juga membersihkan eceng gondok yang tumbuh di area jaring terapung masing-masing.

Nurdin (35 tahun), salah seorang peternak ikan, menyebutkan bahwa para peternak menyambut baik aksi bersih-bersih ini. Menurut dia, selain meningkatkan kepedulian pada kondisi waduk, pembersihan sampah dan eceng gondok juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ikan.

“Jika kondisi waduk kotor dan penuh eceng gondok, jumlah ikan yang dipanen bisa menurun hingga 50 persen dari hasil normal 250 ton per hari,” ujar Nurdin kepada wartawan, Rabu (28 Februari 2018).

Ketua Paguyuban Peternak Ikan Cirata, Wawan Setiawan, menjelaskan, hari ini seluruh peternak ikan di Waduk Cirata bersama-sama membersihkan sampah dan eceng gondok karena sangat merugikan. Selain itu, tukas Wawan, aksi ini juga sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah merealisasikan Program Citarum Harum dan Bersih.

“Kami mendukung program pemerintah yang sangat mulia itu. Para peternak ikan pun menyambut baik aksi bersih-bersih ini karena membuat kondisi Cirata menjadi bersih serta produktivitas jadi meningkat,” tandasnya. (daz/*)

Comments

comments