Air Citarum Bisa Diminum, tapi di Hulu Situ Cisanti

0
127

CIANJUR, patas.id – Calon Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengatakan bahwa saat ini air Sungai Citarum bisa diminum. Namun, air yang bisa di minum itu yang ada di hulu, yakni di Situ Cisanti, Majalaya, Kabupaten Bandung.

“Kalau di Cisanti air Sungai Citarum bisa diminum karena masih jernih. Iya, di hulunya,” ujar Deddy Mizwar sambil tertawa menjawab pertanyaan wartawan di sela-sela acara blusukan di Pasar Induk Paairhayam, Cianjur, Kamis (22 Februari 2018).

Menurut Demiz, saat ini ada problem di Sungai Citarum, yakni masalah sampah, limbah cair, dan alih fungsi lahan.

“Masalah alih fungsi lahan ini tidak bisa diselesaikan dalam waktu satu sampai dua tahun, tapi bisa lima hingga sepuluh tahun baru beres, supaya tidak terjadi segmentasi yang mengakibatkan pendangkalan,” kata Si Naga Bonar ini.

Demiz menambahkan, ada 3 permasalahan dalam menangani Sungai Citarum. Pertama struktural, yaitu masalah sempadan sungai. Kedua nonstruktural, yaitu alih fungsi lahan dikembalikan lagi ke fungsi semula.

“Terakhir masalah kultural, yaitu masyarakat sekitar yang harus terlibat dan turut serta mengawal revitalisasi Sungai Citarum,” tutur Demiz.

Demiz merasa optimis usaha merevitalisasi Sungai Citarum ini bisa berhasil. Apalagi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para menteri pun merespon program ini dengan langsung mendatangi hulu Sungai Citarum di Situ Cisanti.

“Karena Pak Presiden memandang masalah Sungai Citarum ini sangat strategis, mengingat hampir 80 persen pasokan air untuk konsumsi Jakarta dari Sungai Citarum,” tandas dia. (daz)

Comments

comments