Panwaslu Tertibkan Alat Peraga Kampanye Pilgub

0
91

CIANJUR, patas.id – Panwaslu Kabupaten Cianjur, KPU Kabupaten Cianjur, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa reklame, spanduk, dan baligo yang dipasang di pinggir jalan protokol Kabupaten Cianjur, Jumat (16 Februari 2018) malam hingga Sabtu (17 Februari 2018) dini hari.

Penertiban APK ini sebagai bentuk respons dari hasil penetapan nomor urut Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, Selasa (13 Februari 2018) lalu.

Pasangan calon yang ditetapkan yakni Ridwan Kamil-UU Ruzhalul dengan nomor urut satu, Tb Hasanudin-Anton Charliyan nomor urut dua, Sudrajat-Akhmad Syaiku nomor urut tiga, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi nomor urut empat.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, menjelaskan, dasar hukum Satpol PP melakukan penertiban APK keempat paslon tersebut adalah PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

”Penertiban ini dilakukan atas dasar PKPU yang sudah ditetapkan. Jika para paslon ingin melakukan kampanye dalam bentuk apapun terlebih dahulu harus menunjuk tim atau ketua tim kampanye di tingkat kabupaten, dan sampai hari ini kami belum menerima laporan penunjukan ketua tim kampanye tersebut,” ujar Hadi dalam rilis yang diterima patas.id, Sabtu (17 Februari 2018).

Hadi menambahkan, hasil penertiban tersebut akan dikumpulkan di Sekretariat Panwaslu Kabupaten Cianjur untuk didata.

“Jika ada pihak relawan yang ingin meminta keterangan atas penertiban tersebut, silakan datang ke Sekretariat Panwaslu Kabupaten Cianjur,” tutur Hadi.

Sementara itu, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur Hilman Wahyudi, mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima laporan penunjukan tim kampanye semua pasangan calon.

“Kami harus secepatnya bertindak agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan,” ujarnya. (daz/*)

Comments

comments