Pantau Jalur Baru, Wakil Bupati Kemudikan Angkum Sendiri

0
121

CIANJUR, patas.id – Ada-ada saja cara pimpinan daerah di Kabupaten Cianjur untuk memantau penerapan kebijakan rekayasa lalu lintas dan trayek angkutan umum (angkum) yang baru. Salah satunya yang dilakukan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, dengan cara naik angkum berkeliling lintasan yang baru.

Hal itu memang sebelumnya pernah juga dilakukan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, saat demo pengemudi angkutan Mei 2017 lalu. Namun yang dilakukan Herman tidak hanya naik angkum, tetapi sampai mengemudikan angkum di lima trayek dan membawa penumpang ke tujuan masing-masing.

Mulanya, orang nomor dua di Cianjur tersebut hanya mendatangi dan mengajak sopir berbincang sambil diteruskan dengan mencoba naik angkum. Ternyata tidak sampai di sana, Herman juga mencoba mengendarai sendiri angkum di lima trayek secara bergantian.

Tak ayal hal itu membuat kaget para sopir dan penumpang, sebab yang menjadi sopir seorang Wakil Bupati.

“Hari ini memang saya sudah berniat untuk meninjau langsung ke lapangan, apalagi banyak yang mengeluh di media sosial terkait penerapan jalur baru ini,” kata Herman kepada wartawan, Senin (29 Januari 2018).

Menurut dia, keluhan yang terjadi dari warga sebatas masih bingung dengan jalur angkutan yang baru. Namun dalam beberapa waktu ke depan, lanjut dia, warga akan kembali terbaisa.

“Jadi kembali masalahnya ada di sosialisasi. Kami akan mengumpulkan para kepala desa, lurah, dan camat untuk turut menyosialisasikan rute jalur dan trayek yang baru supaya warga tidak kebingungan lagi.”

Herman menambahkan, sejumlah pengemudi angkum malah menyambut positif rekayasa trayek yang baru, sebab pendapatan mereka bisa lebih tinggi. Tetapi dia juga tidak menampik ada beberapa rute angkutan yang belum maksimal.

“Untuk yang belum maksimal, itu karena penumpang juga yang masih bingung. Makanya melalui sosialisasi yang lebih gencar, diharapkan semua pihak diuntungkan,” tuturnya. (isl)

Comments

comments