Panwaslu Cianjur Kini Punya Pojok Pengawasan

0
125

CIANJUR, patas.id – Panwaslu Kabupaten Cianjur kini memiliki Pojok Pengawasan. Layanan itu nantinya bakal memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi terkait hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu.
Pojok Pengawasan yang berlokasi di Kantor Panwaslu Kabupaten Cianjur di Jalan Aria Wiratanudatar itu diresmikan oleh Koordinator Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jawa Barat, Wasikin Marzuki, Selasa (26 Desember 2017) malam.

Wasikin menjelaskan, peresmian Pojok Pengawasan ini dilakukan menjelang tahun politik, yaitu berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 (Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden).

“Ini kan sudah mendekati momentum Pilgub, jadi nantinya Pojok Pengawasan merupakan ruangan milik masyarakat untuk memudahkan akses informasi terkait pengawasan,” kata dia usai peresmian.

Selain itu, tambah Wasikin, Bawaslu tengah memindahkan data-data manual ke dalam format digital. Data tersebut merupakan catatan-catatan Bawaslu mengenai pengawasan pemilu, baik pelanggaran administrasi, pengawasan mengenai pelanggaran pidana, dan penanganan sengketa.

“Jadi data dan informasinya lebih mudah didapat. Ini juga jadi cara supaya publik dapat mendapatkan akses seluas-luasnya apa yang dikerjakan Bawaslu. Meskipun pengawasan pemilu kali ini cukup berat karena selain mengawasi pelaksanaan Pilkada 2018, Bawaslu juga mempersiapkan Pemilu 2019, ” katanya.

Dia mengatakan, selain Bawaslu, KPU juga diharapkan mampu memberikan informasi secara terbuka kepada masyarakat terkait persiapan pelaksanaannya. Di antaranya tentang daftar pemilih tetap (DPT), sebab dikhawatirkan akan terjadi kekeliruan.

“Harus jelas dan terarah, jangan sampai usia di bawah 17 tahun namun sudah masuk DPT. Makanya informasi harus serba terbuka,” katanya.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, berharap Pojok Pengawasan, mampu menjadi ruang akses publik serta sebagai wahana edukasi dan edukatif.

“Semoga dengan diresmikannya Pojok Pengawasan ini, bisa memberikan segala hal yang berkaitan dengan informasi bagi masyarakat,” tandasnya. (isl)

Comments

comments