Jabatan Plt Sekda sampai Gubernur Baru Dilantik

0
168

CIANJUR, patas.id – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur bakal tetap dijabat pelaksana tugas (Plt) hingga 2018 mendatang. Pasalnya lelang bakal dilakukan setelah terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang baru.

Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengatakan, kebijakan tersebut diambil lantaran pejabat yang baru juga harus sesuai dengan keinginan dari Pemprov Jabar terutama Gubernur.

“Jadi dilihat dulu, siapa yang jadi. Supaya selaras dengan apa yang diinginkan oleh gubernur yang baru,” tuturnya kepada wartawan saat ditemui di pendopo, Senin (18 Desember 2017).

Menurutnya, hal itu tidak menjadi suatu pelanggaran aturan, sehingga meskipun setahun dijabat Plt tidak akan jadi masalah. “Tidak ada larangannya, ini juga supaya nanti selaras dengan pempov,” katanya.

Dia mengatakan, jabatan Plt Sekda akan tetap ditempati oleh Aban Sobandi. Meskipun mulai Senin (18 Desember 2017) Aban mengalami rotasi dari Asisten Daerah menjadi Staf Ahli, jabatan Plt Sekda tidak akan diganti.

“Masih tetap Aban Sobandi, belum diganti. Jadi dia menjabat staf ahli dan Plt Sekda,” tuturnya.

Seperti yang diketahui Aban Sobandi menjadi Plt Sekda sejak September lalu, menempati posisi yang sebelumnya dijabat Cecep Alamsyah, pasalnya Cecep mengidap penyakit kencing manis dan penyakit lainnya yang sering kambuh jika terlalu sering duduk atau kelelahan.

Hal itu dinilai bakal menghambat tugasnya sebagai Sekretaris Daerah, sehingga memilih untuk turun jabatan dan pindah ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Jadinya di perizinan (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, red),” ungkap Irvan beberapa waktu lalu.

Cecep pun menjadi orang ketiga yang mundur dari jabatan Sekda di tengah jalan, bahkan ketiganya menjabat secara berurutan. 

Sekda yang pertama kali mundur di tengah jalan adalah, Bachrudin Ali di masa kepemimpinan Bupati Cianjur, Tjetjep Muchtar Soleh. Ali resmi mundur dari jabatannya, 18 Juni 2013, setelah keluar  surat Keputusan Bupati No: 851.4/Kep.31.BKPPD/2013. Alasan kesehatan membuatnya mundur dari jabatan strategis tersebut.

Setelah itu, Oting Zaenal Mutaqin yang hampir 3 tahun menjabat sebagai Sekda juga mundur dari jabatannya di tengah jalan. Oting diketahui resmi mengundurkan diri dari jabatannya per 8 September 2016. Berbeda dengan dua Sekda lainnya, Oting mundur lantaran ingin fokus menjalani usahanya dan kini menjadi fungsional di Bappeda Kabupaten Cianjur. (isl)

Comments

comments