Realisasi Jalan Satu Jalur Dalam Kota Ditunda Awal Tahun

0
81

CIANJUR, patas.id – Uji coba kebijakan satu jalur di sejumlah ruas jalan di wilayah perkotaan Kabupaten Cianjur ditunda hingga awal Januari 2018. Fokus pengamanan dan rekayasa lalu lintas menghadapi Natal dan Tahun Baru menjadi pertimbangan penundaan tersebut.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, pada awalnya uji coba tersebut bakal dilakukan pada akhir Desember 2017, namun dengan adanya berbagai pertimbangan, maka diundur menjadi awal Januari. Salah satunya fokus pihak kepolisian menghadapi Natal dan Tahun Baru.

“Karena nanti ada Operasi Lilin Lodaya 2017 menghadapi Natal dan Tahun Baru, makanya ditunda, supaya konsentrasi tidak pecah. Kemungkinan 3 atau 4 Januari 2018 sudah dimulai,” kata dia kepada wartawan saat ditemui usai rapat koordinasi unsur Muspida Kabupaten Cianjur di Pendopo, Rabu (13 Desember 2017).

Meski ditunda, menurut Herman, kebijakan tersebut sudah disepakati oleh Unsur Muspida untuk selanjutnya dijalankan. “Rencananya ada beberapa ruas yang disatujalurkan, dan itu sudah disepakati bersama,” kata dia.

Dia mengatakan, rencananya Kamis (14 Desember 2017) bakal digelar rapat dengan lintas pengelola angkutan di Mapolres Cianjur. Agendanya untuk membahas hasil rapat koordinasi unsur Muspida, rencana uji coba yang ditunda, dan kesepakatan bersama.

Setelah itu, lanjut Herman, pada 18 Desember 2017 hingga awal Januari 2018 bakal dilakukan sosialisasi secara intensif terkait kebijakan tersebut. Tidak hanya itu, bakal dilakukan juga pengundian jalur angkutan bagi pengemudi dan pengusaha angkum, pasalnya pengubahan ruas juga disertai perbaikan trayek angkutan.

“Kami pastikan, jalur yang baru ini tidak akan merugikan pengusaha dan pengemudi angkum, bahkan bakal meningkatkan penghasilan. Kami akan sosialisasi dan undi terkait jalur. Kami juga berharap ini bisa mengatasi masalah kemacetan,” tuturnya. (isl)

Comments

comments