Menjelang Natal dan Tahun Baru Harga Sembako Dijamin Normal

0
2

CIANJUR, patas.id – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur memastikan harga kebutuhan pokok akan tetap normal menjelang akhir tahun, meskipun kondisi cuaca saat ini mengancam ketersediaan barang.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan para bandar dan pengumpul sayuran untuk tidak menaikkan harga menjelang akhir tahun. Walaupun, cuaca ekstrem mengancam hasil produksi pertanian.

Tapi selain komunikasi tersebut, para bandar dan pedagang juga tidak perlu khawatir ketersediaan barang kosong.  Pasalnya, dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memastikan ketersediaan hasil pertanian dan kebutuhan pokok sudah surplus.

“Sesuai dengan arahan semuanya jangan sampai ada peningkatan harga secara signifikan. Hal itu diperkuat dari apa yang disampaikan Gubernur Jawa Barat,  dimana stok sangat aman, bahkan surplus. Hal itu bisa menahan lonjakan harga,” tuturnya kepada wartawan usai rapat koordinasi pengendalian harga di Pasar Induk Pasirhayam, Rabu (6 Desember 2017).

Dia mengungkapkan, di Cianjur sendiri saat ini harga di pasar relatif aman dan tidak melambung. Menurutnya untuk daging sapi harganya masih di angka Rp 105 ribu sampai Rp 110 ribu, bawang putih dan bawah merah di angka Rp 21 ribu sampai Rp 23 ribu, dan minyak goreng di harga Rp 11 ribu.

“Gula putih juga masih aman di harga Rp 11 ribu sampai Rp 12 ribu per kilogram. Jadi tidak ada yang melonjak tajam, semuanya di angka normal, dan diharapkan sampai akhir tahun tetap stabil,” ungkapnya.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman,  mengatakan, pedagang di sejumlah pasar seharusnya tidak menaikkan harga seenaknya, apalagi di Pasar Induk Pasirhayam. Pasalnya pedagang di pasar tersebut tidak dikenakan biaya untuk setiap kios dan losnya.

“Oleh karena itu, kami bisa menekan agar tidak ada lonjakan harga secara signifikan. Tidak ada beban biaya bagi pedagang di PIP,  jadi mesti harga tetap normal. Pemkab juga akan terus memantau supaya harga terkendali,” ucapnya. (isl)