Ade Barkah Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur Jalan untuk Warga Cianjur Selatan

0
4

CIANJUR, patas.id – Berbagai usulan disampaikan warga di Kabupaten Cianjur saat digelar reses Wakil Ketua DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Golkar, Drs H Ade Barkah Surahman MSi, Selasa (5 Desember 2017). Mereka meminta pembangunan infrastruktur dan pelayanan melalui aspirasi anggota legislatif dari Daerah Pemilihan Jabar 3 (Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor) tersebut.

Seperti yang disampaikan Sodik, dari Desa Cimalati Kecamatan Naringgul yang meminta pembangunan jalan poros desa yang menghubungkan Desa Cimalati dengan Cinerang.

“Jalan tersebut sangat penting bagi kepentingan warga di kedua desa itu. Saat ini kondisi jalan sepanjang 6 kilometer tersebut sangat memprihatinkan dan menyulitkan akses warga,” ujar Sodik.

Selain itu, imbuh dia, warga juga membutuhkan sarana air bersih dan jembatan penyeberangan Sungai Cipandak. “Kalau untuk sarana kebudayaan, di Desa Cimalati ada kelompok seni Pencak Silat ‘Sinar Raga Kencana’ yang butuh peralatan kesenian,” tutur Sodik.

Permintaan pembangunan jalan juga disampaikan warga dari Desa Wangunjaya Kecamatan Naringgul. Karmin, salah seorang kepala dusun di desa tersebut, menginginkan bantuan pengecoran jalan yang menghubungkan 4 kampung.

“Jalan tersebut sangat dibutuhkan warga empat kampung yang dihuni sekitar 2.500 KK, yakni Kampung Cipicung, Sukajadi, Cibogo, dan Cisoropot,” kata Karmin.

Ujang dari Desa Wangunsari Kecamatan Agrabinta beda keinginan. Dia menginginkan penerangan listrik yang sampai saat ini belum sampai ke kampungnya.

“Ada dua kampung yang hingga saat ini belum menikmati penerangan listrik, yakni Kampung Sukamanah dan Karangsari,” kata dia.

Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Drs H Ade Barkah Surahman MSi menegaskan bahwa keinginan yang disampaikan warga di Kecamatan Naringgul tersebut akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai aspirasi yang akan dimasukkan ke dalam rencana anggaran.

“Aspirasi yang masuk melalui reses tahun 2017 insyaallah bisa direalisasikan tahun 2019 nanti. Sebab, untuk anggaran tahun 2018 telah disahkan dalam APBD Jawa Barat 2018,” kata legislator yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD Partai Golkar Jawa Barat ini kepada patas.id, Selasa (5 Desember 2017).

Ade menambahkan, aspirasi yang disampaikan selama ini mayoritas meminta pembangunan infrastruktur. Hal tersebut, menurut dia, sejalan dengan kebijakan partai yang memprioritaskan pembangunan di bidang tersebut.

“Partai Golkar yang selama ini berpihak pada kepentingan rakyat memang memiliki komitmen program percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya jalan. Makanya, kami sebagai partai pengusung Pemerintah Kabupaten Cianjur juga mendukung program ini dengan menggelontorkan dana bantuan provinsi untuk pembangunan jalan. Dan hal ini sejalan dengan misi Bupati Cianjur yang tahun ini menggenjot pembangunan infrastruktur jalan, khususnya program pembetonan,” tutur politikus tang akrab disapa Kang AB ini.

Kegiatan reses yang digelar di wilayah Cianjur selatan ini, selain dihadiri warga dari setiap desa serta muspika setempat, juga didampingi para pengurus dan kader Partai Golkar, termasuk Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Tb Mulyana Syahrudin, dan Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Cianjur, Deden Nasihin yang merupakan wakil rakyat dari Dapil 5 Cianjur selatan. (daz)