Tiga Parpol Wajib Lakukan Perbaikan

0
4

CIANJUR, patas.id – Tiga partai politik di Kabupaten Cianjur diminta untuk memperbaiki laporan keanggotaannya. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti keputusan Bawaslu RI terkait 9 parpol yang tidak lolos pendaftaran peserta Pemilu 2019.

Komisioner Divisi Hukum KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah, menjelaskan, dari sembilan parpol yang menjadi putusan Bawaslu RI, hanya tiga parpol yang berada di Cianjur, yakni Partai Bulan Bintang, PKPI, dan Partai Idaman.

“Penyampaiannya mulai  30 November sampai 1 Desember 2017. Tapi pada hari pertama, kepada ketiga parpol tersebut sudah disampaikan hasil dari Bawaslu,” kata dia.

Menurutnya, dari hasil penelitian tersebut, ada kekurangan dari masing-masing parpol itu. Kekurangannya, lanjut dia, rata-rata dari lampiran dimana print out di Sipol masing-masing partai dengan salinan keanggotaan yakni KTA dan KTP yang belum selaras.

“Seperti halnya PKPI, ada kekurangan berupa perbedaan Sipol dengan lampiran. Jadi belum memenuhi syarat dan butuh perbaikan,” kata dia.

Ketiga parpol, menurut Selly, diberi waktu 14 hari untuk melakukan perbaikan, terhitung 2 Desember 2017. “Ketentuannya dua pekan setelah penyampaian hasil penelitian,” ungkapnya.

Dia menambahkan, perbaikan tersebut diwajibkan untuk parpol yang data laporan keanggotaannya di bawah 1.000 anggota. Namun jika jumlahnya di atas 1.000 setelah penelitian, maka sebatas dianjurkan.

“Dari tiga parpol itu, salah satunya sudah ada yang di atas 1.000 anggota meskipun ada perbedaan data. Untuk dua lainnya itu masih di bawah ketentuan, makanya diwajibkan untuk perbaikan,” pungkasnya. (isl)