Pohon Tumbang Menimpa Mobil Kijang

0
165

CIANJUR, patas.id – Angin kencang yang terjadi belakangan ini mulai menyebabkan sejumlah pohon di wilayah perkotaan Cianjur bertumbangan. Akibatnya kendaraan yang melintas tertimpa dan kerap mengakibatkan kemacetan.

Salah satunya yang terjadi di Jalan Prof Moch Yamin, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur dimana pohon besar di samping badan jalan tumbang dengan posisi melintang ke arah jalan. Pada saat kejadian, sebuah mobil kijang bernopol F 234 SF melaju dan pada akhirnya tertimpa pohon tersebut.

Akibatnya, bagian atap kijang, tepat di bagian pengemudi dan penumpang depan penyok. Beruntung kaca depan mobil tidak pecah, sehingga sopir dan penumpangnya bisa selamat.

“Saya dari arah Jalan Arief Rahman Hakim  menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Tiba-tiba pohon tumbang dan menimpa bagian atap mobil. Untung saja tidak menimpa bagian kaca, kalau iya bisa fatal. Tapi ibu saya masih syok karena pohon yang menimpa itu tepat di bagian atap dimana dia duduk,” ujar Yogi Wahyu (28 tahun), sopir mobil kijang, Sabtu (2 November 2017).

Maman (28 tahun) seorang saksi mata, mengatakan, pohon tersebut tiba-tiba tumbang sekitar pukul 12.20 WIB. Sebelumnya, angin kencang terus terjadi di wilayah Cianjur, terlebih saat Sabtu pagi.

“Tumbangnya tiba-tiba. Untung saja tukang koran di samping pohon sedang tidak ada, sehingga tidak ada korban. Paling tadi ada mobil tertimpa,” ungkapnya.

Dia mendesak pemerintah untuk memangkas pohon yang sudah tua dan dinilai membahayakan, khususnya di wilayah perkotaan. Pasalnya jika dilihat dari bekas tumbangan, pohon tersebut akarnya sudah mati sehingga angin kencang langsung membuat roboh.

“Ini bukan sekali, sekitar dua bulan lalu juga terjadi sekitar 20 meter dari lokasi. Pohonnya tumbang dan menimpa pengendara yang lewat. Kondisinya sama juga, akarnya sudah mati. Jadi harus segera dipangkas yang sudah tua itu, jangan dibiarkan,” ungkapnya.

Lamanya petugas datang membuat warga berinisiatif untuk memotong bagian pohon yang menghalangi pengendara. Sekitar setengah jam setelah tumbang, barulah ada bantuan, itupun dari anggota Polres Cianjur dengan membawa dua buah gergaji mesin.

Berdasarkan informasi yang didapat, petugas dari dinas di lingkungan Pemkab Cianjur baru datang setelah bagian pohon terpotong dan tidak lagi menghalangi aktivitas lalulintas jalan.

Selain di Jalan Prof Moch Yamin, pohon di ruas jalan lain pun tumbang beberapa hari terakhir. Jumat (1 November 2017) sore, misalnya, pohon di Jalan Dr Muwardi tumbang dan menimpa kabel telepon serta menghalani jalan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dedi Supriadi belum bisa dihubungi terkait upaya penanganan pohon tumbang dan pohon yang terancam tumbang oleh kondisi angin kencang. (isl)

Comments

comments