Raskin Dioplos jadi Beras Premium di Gekbrong

0
166

CIANJUR, patas.id – Polsek Warungkondang menggerebek sebuah gudang pengoplosan beras di Kampung Cimaja, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Kamis (30 November 2017).

Penggerebekan gudang yang dijadikan tempat pengoplosan beras raskin menjadi beras premium itu terungkap dari laporan warga yang curiga dengan aktivitas di dalam gudang itu.

Kapolsek Warungkondang, Kompol Agus Sutisna Bunyamin, mengungkapkan, dari hasil penggerebekan itu, jajarannya berhasil mengamankan sedikitnya 10 ton beras raskin Bulog.

Agus menyebutkan, untuk mengelabui petugas, pemilik gudang menjalankan aksinya dengan berkedok gudang tempat penggilingan padi.

“Sebanyak 10 ton beras raskin yang akan dioplos menjadi beras premium berhasil kami amankan,” ungkap Agus, kepada wartawan, Kamis (30 November 2017).

“Aksi ini terungkap, berkat adanya laporan warga yang merasa curiga adanya aktivitas di dalam gudang, bahkan kecurigaan itu kian kuat, setelah salah seorang warga yang menggiling padi di gudang itu tak kunjung usai,” sambungnya.

Aksi yang dilakukan para pelaku itu, jelas Agus, beras raskin yang seharusnya diperuntukkan bagi warga prasejahtera di Desa Titisan Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi, hanya sebagian yang dibagikan.

“Mereka menganti kemasan beras raskin menjadi beras slip Cianjur ukuran 25 kilogram dan 50 kilogram, sebelum diganti karungnya, beras itu dibersihkan dulu, lalu dioplos agar terlihat selerti beras bermutu bagus,” jelas Agus.

Dari hasil penggerebekan itu, kata Agus, jajarannya berhasil mengamankan lima orang, di antaranya, pemilik gudang bernama Rusmana, Dian Milardi pemilik beras, dan 3 orang pekerja.

”Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap kelima orang tersebut, sejauh mana keterlibatannya dalam kasus ini,” katanya. (wan)

Comments

comments