Jasad Ending Masih Belum Ditemukan

0
84

CIANJUR, patas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) masih melakukan pencarian tubuh Ending (67 tahun) korban bencana banjir yang terbawa hanyut sejak Senin (27 November 2017).

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Ahmad Rifai, mengatakan, mulai Rabu (29 November 2017) pagi, pihaknya bersama Basarna dengan dibantu warga sekitar terus mencari tubuh korban hanyut. Pencarian dilakukan dengan menyisir dari titik hanyut hingga ke muara Sungai Cisokan.

“Sampai sore ini, tubuh korban masih belum ditemukan. Petugas sudah menerjunkan beberapa perahu karet dan menyisir semua titik, tapi masih nihil,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler.

Menurutnya, pencarian cukup sulit lantaran arus sungai masih deras, belum lagi di tengah pencarian turun hujan. BPBD dan relawan pun menghentikan sementara untuk mengantisipasi adanya petugas yang menjadi korban.

“Arusnya deras lagi, kami hentikan pencarian sekitar pukul 14.00 WIB, sebab risikonya tinggi. Tapi akan kami upayakan untuk bisa ditemukan,” kata dia.

Dia menambahkan, BPBD juga masih melakukan pengawasan dan penanganan dampak bencana longsor dan pergerakan tanah di enam kecamatan di wilayah Cianjur selatan. Menurutnya, melihat kondisi cuaca terus hujan, warga harus tetap waspada.

Mereka yang rumahnya rusak berat ataupun terancam, diimbau untuk menetap di rumah tetangga atau kerabatnya. Jika dampaknya terus bertambah, lanjut Rifai, pihaknya segera membuat tenda evakuasi korban bencana.

“Sekarang belum dibuat tenda, sebab dampaknya hanya pada beberapa rumah, jadi diimbau untuk tinggal di kerabat atau tetangganya. Petugas atau relawan di lokasi juga terus mengawasi, untuk bisa antisipasi dini bencana,” ungkapnya.

Di sisi lain, Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, langsung mendatangi sejumlah titik bencana di Cianjur selatan, salah satunya ke Desa Mekarsari Kecamatan Agrabinta dimana banjir merendam dua kampung dengan dua warga yang tewas terbawa hanyut.

Kabag Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Suganda, menuturkan, Bupati Cianjur memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak bencana.

“Sejumlah kebutuhan pokok dan kebutuhan lainnya diserahkan. Bupati juga langsung meninjau dampak serta potensi bencana untuk bisa diantisipasi ke depannya,” kata dia.

Menurutnya, Bupati Cianjur juga mengimbau warga untuk selalu waspada dan siaga, sebab bencana bisa terjadi sewaktu-waktu. (isl)

Comments

comments