Panwaslu Gandeng Pramuka Awasi Pilgub

0
143

CIANJUR, patas.id – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur untuk Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur menandatangani MoU kerja sama untuk partisipasi pengawasan. Hal tersebut dilakukan untuk menyikapi dinamika dan problematika penyelenggaraan pemilu yang semakin kompleks.

Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur menegaskan bahwa perlu disadari bahwa dalam pengawasan terhadap tahapan pemilu, tidak bisa hanya bertumpu pada pengawasan yang dilakukan oleh pengawas, melainkan juga memerlukan partisipasi dan peranan dari masyarakat. 

“Sebagaimana penegasan dalam pasal 448-449 Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat,” ujar Hadi kepada patas.id, Senin (27 November 2017).

Menurut Hadi, Panwaslu menggelar kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pengawasan pemilu partisipatif. Untuk kali ini, kata Hadi, pihaknya bekerja sama dengan Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur untuk mengoptimalkan kegiatan pengawasan.

“Strategi pengawasan dari Panwaslu Kabupaten Cianjur karena masyarakat harus diposisikan dan dilibatkan sebagai subyek pemilu, tidak lagi sebagai objek pemilu. Pada tingkat minimal, pelibatan masyarakat difokuskan mengubah perilaku masyarakat dari partisipasi pasif menjadi partisipasi aktif dalam pengawasan pemilu,” kata Hadi.

Hadi menambahkan, partisipasi tersebut dapat diadakan dan dilakukan dalam beberapa bentuk antara lain melalui sosialisai pemilu, pendidikan politik bagi pemilih, atau jajak pendapat terkait kepemiluan.

“Kondisi dan realitas di lingkungan masyarakat inilah yang mendorong dan memaksa panwaslu untuk membuka dan melibatkan patisipasi masyarakat dalam strategi pengawasan pemilu,” pungkas Hadi. (daz)

Comments

comments