Mantan PSK Dipulangkan dari Sukabumi

0
120

CIANJUR, patas.id – Sebanyak 19 mantan Pekerja Seks Komersial (PSK) yang dibina di panti rehabilitasi di Sukabumi, akhirnya dipulangkan. Rencananya mereka akan mendapatkan pembinaan lebih lanjut oleh Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

Pemulangan para mantan PSK yang terjaring dalam razia beberapa waktu lalu itu langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman beberapa hari lalu.

“Mereka sudah menjalani pembinaan selama tiga bulan, sekarang sudah dipulangkan lagi,” kata Herman saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (27 November 2017).

Menurut Herman, dari 19 PSK yang dipulangkan, 10 orang di antaranya merupakan warga Cianjur, sementara 9 perempuan lainnya berdomisili di luar kota namun terjaring dalam razia di Cianjur.

“Sebagian warga Cianjur sebagian lagi warga luar kota yang beraktivitas di Cianjur. Semuanya kami bina, sebab terjaring dalam kegiatan yang sama,” tuturnya.

Para mantan PSK tersebut selanjutnya akan mendapatkan pembinaan lagi dari Dinas Sosial, termasuk diarahkan untuk menjalankan profesi sesuai bidang keahlian dalam pembinaan di panti rehabilitasi. Jika keahliannya menjahit, maka mereka akan diberi bantuan mesin jahit.

“Kalau ada perkembangan yang baik setelah diberi bantuan, maka ke depannya bisa mendapatkan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya,” ucap dia.

Herman pun yakin para mantan PSK tersebut tidak akan lagi kembali ke profesinya yang dulu. Namun apabila ada, maka pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan mengembalikannya ke panti rehabilitasi. “Sudah ada komitmen, kalau kembali lagi ya dikirim lagi ke panti,” ucapnya.

Bahkan, ke depan, lanjut Herman, panti rehabilitasi akan dibuat di Cianjur, sehingga pembinaanya akan lebih mudah dan lebih terawasi. Rencananya pembuatan panti rehabilitasi itu akan dilaksanakan pada 2018 mendatang.

“Rencananya tahun depan, tapi dilihat dulu tempat yang cocok. Selain para PSK yang terjaring, panti itu bakal menampung anjal dan pelajar yang terlibat tawuran,” tutupnya. (isl)

Comments

comments