Ribuan Kendaraan Dinas Masih Nunggak Pajak

0
98

CIANJUR, patas.id – Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, menduga ribuan kendaraan dinas yang belum membayar pajak didominasi sepeda motor. Dia yakin kendaraan roda empat yang terdapat di masing-masing dinas sudah membayar pajak dengan rutin.

Herman mengatakan bahwa pihaknya yakin para pejabat eselon II dan III sudah taat dalam membayar pajak. Pasalnya pihaknya telah menerima laporan adanya evaluasi beberapa waktu lalu.

“Saya menduga bahwa yang banyak belum membayar pajak itu sepeda motor,” katanya.

Dia mengatakan masing-masing organisasi perangkat daerah telah memiliki anggaran untuk membayar pajak tersebut. Dirinya tidak percaya jika ada pejabat yang memiliki mobil dinas tapi tidak membayar pajak dengan rutin. Ia mengimbau dan mengingatkan para pemegang kendaraan dinas untuk membayar pajak tepat waktu. “Kalau tak membayar asa kacida,” ujarnya saat ditemui di RSUD Cianjur, belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Akutansi dan Aset Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Cianjur, Denny Widya Lesmana, mengatakan, akan segera melakukan penyesuaian terkait data munculnya angka ribuan kendaraan dinas Kabupaten Cianjur yang belum membayar pajak. Ia mengatakan bahwa kendaraan dinas yang saat ini terdaftar berjumlah 2.723 unit. Kendati demikian pihaknya belum menghitung kembali kendaraan yang rusak dan hilang. 

“Mungkin setelah selesai nanti kami akan melakukan sinkronisasi data, karena beberapa kendaraan yang ada terutama untuk pejabat eselon II dan III sudah melakukan daftar ulang,” katanya.

Denny mengatakan bahwa saat pemindahtanganan dari pejabat sebelumnya kepada pejabat baru juga selalu atas sepengetahuannya.

“Memang pernah ada kasus di wilayah selatan dimana pejabat yang terdahulu belum membayar pajak kendaraan, namun pejabat yang baru langsung melunasi pajak kendaraan yang belum terbayarkan tersebut,” ujarnya.

Dari 4.900 kendaraan pelat merah di Kabupaten Cianjur diketahui yang membayar pajak baru 1.350 kendaraan. Sisanya sebanyak 3.550 kendaraan pelat merah tersebut menunggak pajak. Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah (CPPD) Kabupaten Cianjur meminta agar pemerintah daerah menyerukan kepada para pemegang pelat merah agar membayar pajak.

Pihak CPPD juga meminta apabila ada kendaraan yang sudah rusak atau hilang agar segera dilaporkan. “Kami sudah meminta data ke DPKAD Bidang Aset dan sudah tiga kalu mengirimi surat namun tidak ada realisasi dari surat tersebut, kami harapkan pihak pemerintah Cianjur membantu kami, karena pajak kendaraan bermotor ini kami pungut untuk pemerintah cianjur juga,” ujarKepala Seksi Penerimaan dan Penagihan CPPD Provinsi Wilayah Kabupaten Cianjur,  Zaki Abbas.

Dia mengatakan target realisasi pajak kendaraan bermotor Kabupaten Cianjur sebesar 214 miliar, sampai dengan saat ini sudah 94% target tercapai, dan akan dibagikan ke Kabupaten Cianjur pada bulan Desember sesuai target. (isl)

Comments

comments