Ratusan Offroader Jelajahi Objek Wisata Cianjur

0
98

CIANJUR, patas.id – Ratusan offroader dari berbagai daerah di Jawa Barat mengikuti perhelatan West Java Adventure Off Road (WJAOR) XVIII 2017 yang dilaksanakan 9-12 November 2017. Kegiatan otomotif memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat dan Bupati Cianjur ini digelar untuk lebih memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten Cianjur.

Ketua Panitia WJAOR XVIII 2017, Athe Adha Kusdinan, menjelaskan, kegiatan safari offroad itu akan melintasi sejumlah destinasi wisata yang ada di Kabupaten Cianjur, dengan diikuti sebanyak 55 tim, dan 165 mobil offroad dari sejumlah komunitas otomotif mobil offroad di Jawa Barat.

Athe menyebutkan, kegiatan itu merupakan even ke-18 kali di Jawa Barat, dan ketiga kali di Kabupaten Cianjur.

“Tujuannya untuk lebih  memperkenalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Cianjur,” jelas Athe, saat ditemui wartawan di sela-sela pelepasan start di Halaman Pendopo Kabupaten Cianjur, Kamis (9 November 2017).

Athe mengungkapkan, rencananya untuk tahun-tahun berikutnya kegiatan otomototif itu akan menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Cianjur. “Mudah-mudahan, tahun depan kami dapat menyelenggarakan secara mandiri, dan menjadi kalender even Pemkab Cianjur,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Cianjur itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohyanda, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kerja bareng Pemkab Cianjur dengan Persatuan Jeep Bandung (PJB), yang bertujuan memperkenalkan Kabupaten Cianjur ke dunia luar melalui para Off Roader sekaligus mempromosikan destinasi wisata Kabupaten Cianjur.

“Selain mempromosikan destinasi wisata, kegiatan ini juga diharapkan dapat menggali potensi wisata di Kabupaten Cianjur melalui para offroader,” kata Yeyen.

Yeyen menuturkan, para peserta akan melewati jalur yang sudah disediakan yakni melewati jalur utara, timur, dan selatan. “Hari pertama mereka akan menyusuri wilayah utara dan timur, para peserta offroad ini akan melewati destinasi wisata Cibodas, Gunung Gede-Pangrango, Taman Bunga Nusantara, Kota Bunga serta pemandangan alam yang dapat memanjakan para offroader. Setelah itu mereka akan melaju ke arah Cikalongkulon, di sana ada Wisata Ziarah Cikundul, kemudian menyusur ke Sungai Cikundul, selanjutnya melewati Jangari dan Waduk Cirata,” tuturnya.

Sementara untuk hari kedua, sambung Yeyen, para offroader akan melaju ke daerah Kecamatan Cibeber. “Seharian mereka menyusuri Wilayah Cibeber dan menginap disana, di Cibeber juga ada daerah yang bisa dijadikan wisata, kemudian hari ketiga melaju ke Kecamatan Campaka yang sarat dengan objek wisata di antaranya, kebun teh, Curug Terekel, dan juga ada uji ketangkasan di Desa Cidadap, para peserta offroad juga akan melewati Situs Megalit Gunung Padang, di sana juga disediakan jalur khusus untuk offroad, ” ungkapnya. (wan)

Comments

comments