Pasien Penderita Kanker Telantar di RSUD Cianjur

0
235

CIANJUR, patas.id – ‎Elis Sobariah (32 tahun) terpaksa tidur di bangku ruang tunggu poliklinik RSUD Cianjur, setelah dipulangkan tanpa asalan dari IGD. Padahal dia tengah mengidap kanker payudara yang sudah menggerogoti sejak 2 tahun lalu.
Kondisi itu dialami Elis saat menjalani penanganan medis beberapa hari lalu, setelah mendapatkan rujukan dari RSUD Pagelaran. Tepatnya Kamis (26 Oktober 2017), dia masuk ke IGD RSUD Cianjur. 

Tetapi, beberapa jam setelah penanganan, dia dipulangkan lantaran penanganannya bukan di IGD melainkan poliklinik dan diarahkan untuk pulang. Sementara jarak rumahnya ke RSUD Cianjur cukup jauh. 

“Bagaimana mau pulang, jaraknya kan jauh. Apalagi besoknya harus ke RSUD Cianjur lagi,” ucap dia saat ditemui wartawan, Kamis (2 November 2017).

Dia pun memilih untuk duduk dan menunggu di ruang tunggu poliklinik. Bahkan dia mesti tidur di sana karena uang yang dipegangnya tidak banyak. Selama tiga hari dia di ruang tunggu, ternyata malah membuat kondisinya semakin melemah. “Kan dingin, payudara juga terus terasa sakit. Jadinya suhu badan tinggi,” katanya.

Melihat kondisi itu, suami dari warga Desa Bunijaya Kecamatan Pagelaran tersebut membawanya kembali ke IGD. Lagi-lagi, baru beberapa jam ditangani, dia langsung dipulangkan oleh pihak rumah sakit tanpa alasan. Akibatnya, dia harus memaksakan mencari kontrakan di sekitar RSUD Cianjur dengan uang seadanya.

Kondisi itu, ungkap dia, berbeda jauh selama penanganan di RSUD Pagelaran. Para perawat dan managemen mengurusnya selama 9 hari dengan baik, bahkan obat pun masuk supaya tidak bertambah parah. “Sampai pagi sekarang juga masih ngontrak, khususnya anak-anak,” ucapnya.

Dia mengaku sudah mengidap penyakit tersebut sejak 2 tahun lalu‎. Awalnya ada benjolan sebesar bakso, dan terus membesar serta terasa sakit. “Saya memilih mengobati secara tradisional, soalnya sedang mengandung. Akhirnya malah seperti ini,” ucap dia.

Ibu dua anak itupun baru bisa ditangani lebih lanjut oleh RSUD Cianjur‎ setelah ada campur tangan anggota DPRD Kabupaten Cianjur dari Dapil IV, Ita Yudha Jaya Sari.  “Alhamdulillah sekarang sudah dirawat, inginnya cepat sembuh,” kata dia.

Ita Yudha, mengatakan, pihaknya akan berusaha membantu pengobatan Elis. “Pasti akan kami bantu, mulai dari penanganan medis sampai biaya keluarga yang mendampingi,” ucapnya.(isl)

Comments

comments