Partai Perindo Daftar ke KPU Kota Sukabumi

0
163

SUKABUMI, patas.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jawa Barat, menerima berkas pendaftaran Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebagai calon peserta Pemilu 2019, Senin (9 Oktober 2017). Berkas tersebut selanjutnya akan disinkronisasi dengan data yang terdapat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

“Hari ini, kami menerima berkas pendaftaran yang dibawa Partai Perindo terdiri dari daftar nama dan jumlah anggota termasuk KTP (kartu tanda penduduk) dan KTA (kartu tanda anggota). Kalau belum memiliki KTP, nanti bisa dilampirkan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” ujar Komisioner Divisi Hukum KPU Kota Sukabumi, Dedi Setiadi, Senin (9 Oktober 2017).

Perindo merupakan partai pertama yang mendaftarkan diri ke KPU. Rencananya hari ini, KPU juga akan menerima pendaftaran dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hanya saja hingga sore belum ada konfirmasi ulang. “Kalau Perindo itu pendaftarannya serentak dilakukan se- Indonesia di masing-masing KPU di kota dan kabupaten,” sebut Dedi.

Berkas data yang diserahkan dari setiap partai politik, lanjut Dedi, akan disinkronkan dengan yang terdapat dalam Sipol. Sesuai undang-undang dan peraturan KPU, syarat minimal jumlah anggota suatu parpol itu 1:1.000. “Kalau untuk ukuran Kota Sukabumi berarti syarat minimalnya harus terdapat sekitar 334 KTA karena didasari jumlah penduduk sekitar 334 ribu jiwa. Kalau berkas yang diserahkan dari Perindo sudah melebihi. Daftar jumlah anggota berdasarkan KTP dan KTA sebanyak 1.868 orang,” beber Dedi.

Jika data dalam softcopy pada Sipol dan hardcopy dalam berkas yang dibawa setiap parpol sinkron, ucap Dedi, maka secara administrasi KPU akan memberikan tanda terima. Selanjutnya data itu akan diverifikasi faktual ke lapangan. Tujuannya untuk memastikan kebenaran data itu by name by address.

“Kalau dalam verifikasi faktual nanti ada yang merasa tak menjadi bagian dari salah satu parpol, maka harus membuat surat pernyataan. Data dalam berkas yang diserahkan parpol berarti kita coret,” imbuhnya.

KPU membuka pendaftaran bagi partai politik calon peserta Pemilu 2016 sejak 3 Oktober hingga 16 Oktober nanti. Bagi partai politik lama, sikronisasinya hanya pada verifikasi administrasi saja. Sedangkan bagi partai politik baru, sinkronisasi dilakukan dengan cara verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. “Di Kota Sukabumi terdapat empat partai politik baru,” pungkasnya.

Ketua DPD Partai Perindo Kota Sukabumi Adinda Maulana menyebutkan sesuai instruksi dari DPP Perindo, pendaftaran ke KPU dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia hari ini (kemarin). Dia mengaku DPD Partai Perindo Kota Sukabumi menyerahkan berkas jumlah anggota sesuai KTP dan KTA sebanyak 1.868 orang.

“Sekarang sedang tahap sinkronisasi data berbasis Sipol. Kita menunggu hasil verfikasi administrasi dulu. Setelah itu nanti akan dilakukan verifikasi faktual,” tegas Adinda. (daz)

Comments

comments