Kang Balkot jadi Maskot Pemilihan Wali Kota Sukabumi

0
170

SUKABUMI, patas.id – Kang Balkot menjadi maskot resmi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Jawa Barat. Penetapannya setelah dewan juri lomba maskot yang diinisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat memilih tiga pemenang dari 12 peserta. 
“Berdasarkan hasil pleno dewan juri, akhirnya terpilih tiga pemenang dari 12 peserta yang mengirimkan karyanya,” kata Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah sesuai penetapan pemenang lomba cipta mars dan maskot sekaligus sosialisasi bagi pemilih pemula untuk Pilwalkot Sukabumi 2018, Kamis (28 September 2017).

Tiga pemenang itu yakni juara satu direbut Nurhadi Suherman (mahasiswa Politeknik Sukabumi) dengan karyanya bernama Kang Balkot, juara kedua direbut Djoko Susilo dari Kendal, Jawa Tengah, dengan karyanya bernama Si Bumi, dan juara ketiga direbut Mamat dari Kota Sukabumi dengan karya bernama Prabu Ara. Terpilihnya maskot Kang Balkot karena dinilai tim dewan juri memiliki makna kearifan lokal yang merupakan kriteria utama penilaian.

“Secara otomatis, hasil karya juara pertama jadi maskot resmi Pilwalkot Sukabumi nanti. Sedangkan karya juara kedua dan kegiatan jadi arsip kami,” tambah Hamzah.

Bersamaan lomba maskot, KPU juga menggelar lomba cipta mars Pilwalkot Sukabumi 2018. Bagi KPU, kata Hamzah, digelarnya perlombaan cipta mars dan maskot itu merupakan bagian tahapan menjelang Pilwalkot Sukabumi pada khususnya dan pilkada serentak pada umumnya.

“Nantinya maskot dan mars Pilwalkot Sukabumi 2018 akan digunakan sebagai media sosialisasi agar masyarakat Kota Sukabumi bisa berpartisipasi pada waktunya,” sebut Hamzah.

Digelarnya perlombaan cipta mars dan maskot ini juga jadi bentuk sosialisasi menggaet segmen pemilih pada Pilwalkot 2018. Karakteristik pemilih pemula, sebut Hamzah, biasanya cenderung menyukai ide-ide kreatif dan inovatif, seperti menciptakan mars maupun maskot.

“Dengan adanya lomba itu mereka jadi tahu jika di Kota Sukabumi bakal digelar Pilwalkot. Kita akomodir,” tukasnya.

Total peserta yang mendaftar ikut lomba cipta mars dan maskot sebanyak 19 orang. Masing-masing terdiri dari 12 peserta lomba maskot dan tujuh orang lomba cipta mars.

“Dari mulai pendaftaran hingga penetapan pemenang spare waktunya lebih kurang satu bulan. Maskot dan mars ini nantinya jadi ikon Pilwalkot karena di dalamnya juga terkandung nilai-nilai kearifan lokal,” pungkasnya. (daz)

Comments

comments