Proses Akreditasi RSUD Cianjur Baru Dimulai

0
198


CIANJUR, patas.id – RSUD Cianjur mulai menjalani penilaian dari independen untuk akreditasi. Persiapan yang matang pun diharapkan mampu meloloskan rumah sakit tersebut, supaya pelayanan juga bisa digenjot lebih baik. 

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, akreditasi tersebut bakal dilakukan selama sepekan, mulai Selasa (26 September 2017) sampai Jumat (29 September 2017).

“Hari ini sudah dilaksanakan penerimaan tim penilai dari independent,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler.

Menurutnya, akreditasi tersebut penting untuk mendorong RSUD meningkatkan pelayanannya. Selain itu, akreditasi bakal menunjang rencana Pemkab untuk membuat layanan stroke center di rumah sakit tersebut.

“Jadi banyak hal yang bakal menunjang pelayanan setelah akreditasi. Ketika dapat peningkatan akreditasi, secara otomatis pihak rumah sakit harus segera meningkatkan pelayanan. Ditambah nanti ada stroke center.”

Sayangnya, pihak managemen RSUD Cianjur belum bisa dikonfirmasi terkait akreditasi tersebut. Selain wartawan tidak diperkenankan bertemu direktur atau pejabat yang berwenang, saat dihubungi pun tidak kunjung mendapat respon.

Di sisi lain, RSUD Pagelaran tengah mempersiapkan diri menghadapi akreditasi yang dilaksanakan tahun depan. Salah satunya ialah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari perawat, bidan, dokter, dan administrasi agar kompeten di bidangnya.

“Fokus utama di SDM, supaya kompeten di bidangnya untuk penilaian nanti,” ujar Dirut RSUD Pagelaran, Neng Efa Fatimah.

Menurutnya, selama 2017 ini, perawat, bidan, dan manajemen diberi pelatihan secara intensif, mulai dari keamanan dan keselamatan pasien, manajemen pelayanan, pencegan dan pengendalian infeksi, serta managemen fasilitas‎.

“Beberapa waktu terakhir kami genjot pelatihan supaya SDM-nya memang berkualitas. Semuanya mengarah ke keselamatan dan kualitas pelayanan.”

Di samping itu, untuk mengejar akreditasi D untuk RSUD Pagelaran, Efa juga melakukan pemenuhan fasilitas. “Fasilitas disediakan, tenaga medis pun kami terus tambah supaya sesuai ketentuan. Kami harap ketika menghadapi akreditasi, RSUD Pagelaran suah siap,” ucapnya. (isl)

Comments

comments