BNNK Cianjur Akan Sosialisasikan Bahaya PCC

0
151

CIANJUR, patas.id – ‎Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Cianjur bakal menggencarkan sosialisasi untuk mengantisipasi penyebaran obat paracetamol, caffein dan carisoprodol (PCC) yang saat ini sedang heboh. Apalagi di wilayah lain, obat yang keras dan harus berdasarkan resep dokter tersebut sudah banyak memakan korban.

Kepala BNNK Cianjur, Drs Basuki, mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan BNN pusat terkait penyebaran dan penyalahgunaan obat PCC. Namun BNNK Cianjur mengupayakan antisipasi dengan menyosialisasikannya.

“Jadi kami antisipasi pertamanya sosialisasi, seperti kemarin di pengadilan, dan perguruan tinggi,” kata dia kepada wartawan, Minggu (17 September 2017).

Menurutnya, obat tersebut pertama kali diteukan di Kendari, namun dimungkinkan penyebarannya juga terjadi di Jawa Barat, termasuk Cianjur.

“Makanya kami harus lakukan pencegahan. Tapi belum bisa secara publik, melainkan di momen tertentu.” 

Menurut Basuki, BNNK juga berkoordinasi dengan instansi kesehatan.

“Surat edaran dari kementerian kesehatan terkait obat tersebut juga sudah keluar. Ketika ada yang membagikan obat apapun, apalagi yang seperti PCC, segera laporkan ke kami.” 

Orangtua, lanjut dia, harus lebih waspada dan mengawasi anaknya, apalagi peredaran narkoba sudah sangat memprihatinkan. “Perlu kerjasama semua pihak, termasuk dari orangtua,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Gerakan Anti Narkotika Kabupaten Cianjur, Ryan‎ Hanafiah, menuturkan, pihaknya juga tengah rutin melakukan sosialisasi antisipasi narkoba ke setiap sekolah bersama BNNK dan lainnya.

“Kami sosialisasikan bahaya narkoba dengan bentuk dan jenis apapun. Sekarang kan beragam,” ucapnya seraya menambahkan bahwa selama menimbulkan efek adiktif maka narkoba jenis apapun harus dicegah, jangan sampai warga Cianjur teracuni oleh narkoba dari berbagai jenis.

“Apapun bentuknya, ketika membuat orang ketergantungan harus disosialisasikan, terutama ke remaja-remaja. Kami akan turut serta memberantasnya,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments