Wabup Janji Alokasikan Anggaran untuk Armada Damkar

0
148

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal segera mengalokasikan anggaran untuk memenuhi kebutuhan Pemadam Kebakaran (Damkar). Pasalnya Damkar Cianjur minim sarana dan prasana.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, dengan semakin padatnya jumlah penduduk dan hunian di setiap kecamatan, maka potensi terjadinya kebakaran akan semakin besar. Untuk itu, selain akan mengalokasikan anggaran, pihaknya juga berencana menambah pos damkar di setiap kecamatan.

“Persoalan ini (minim sarana dan prasarana, red) sudah menjadi bahasan kami, dan kami akan anggarkan untuk kebutuhan tersebut pada tahun anggaran berikutnya.” 

Herman mengakui, kondisi armada mobil Damkar yang dimiliki Kabupaten Cianjur sebagaian besar dalam kondisi yang kurang laik. Namun, armada yang ada tersebut masih dapat digunakan dengan baik.

“Memang sebagian besar merupakan armada lansiran tahun lama, dan kami akui perlunya peremajaan armada untuk mendukung tugas di lapangan. Tapi dengan perawatan rutin yang dilakukan, armada tersebut masih dapat diandalkan.” 

Selain itu, Herman juga menyoroti minimnya fasilitas keselamatan bagi para petugas Damkar saat melakukan pemadaman kebakaran. “Untuk safety petugas pun akan kami anggarkan, misalnya untuk pembelian jaket tahan api, tabung oksigen, dan berbagai alat penunjang tugas lainnya,” janjinya.

Herman juga mengimbau warga agar lebih waspada dan berhati-hati dengan segala potensi yang menyebabkan kebakaran, terutama pada saat musim kemarau seperti saat ini. “Terutama bagi warga yang berada di daerah ladang, jangan sembarangan membuang puntung rokok. Sebab, dapat menyebabkan kebakaran lahan,” imbaunya. (isl)

Comments

comments