Disdukcapil: KTP yang Rusak Bisa Dikembalikan untuk Diganti

0
184

CIANJUR, patas.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur akan mengganti e-KTP yang rusak. Pasalnya, sudah beberapa warga yang mengadu memiliki e-KTP namun kondisinya mudah mengelupas hingga warna pun memudar atau menjadi tidak jelas.

Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Cianjur, Mohamad Ginanjar, warga yang memiliki KTP elektronik atau e-KTP yang rusak diharap datang ke kantor Disdukcapil untuk print record kembali. Selain itu, kata dia, sesuai UU Nomor 24 Pasal 1 Ayat 14 Tahun 2013 Tentang KTP, dinyatakan bahwa apabila KTP rusak, maka yang bersangkutan harus datang ke kantor Disdukcapil.

“Kalau fisiknya rusak bisa dikembalikan dan diganti dengan yang baru. Termasuk apabila e-KTP hilang, harus ada surat kehilangan dari pihak kepolisian.”

Sementara bagi warga pemohon e-KTP yang belum terselesaikan atau masih menggunakan Suket, Ginanjar berharap pemohon sabar karena blankonya masih dalam proses lelang lanjutan.

Selain itu, Ginanjar meminta agar pemilik e-KTP agar menjaga dengan baik supaya tidak rusak. “Apalagi blanko KTP itu masa berlakunya seumur hidup,” tegas Ginanjar. (yan)

Comments

comments