Gagal Mesin, Kapal Tanker Asal Pacitan Terdampar di Cidaun

0
212
Foto ilustrasi Kapal Tanker.

CIANJUR, patas.id – Sebuan kapal tanker terdampar di Pantai Jayanti Kampung Cipatat Desa Jayapura Kecamatan Cidaun, beberapa hari lalu. Diduga kapal tersebut mengalami gagal mesin hingga terbawa arus ombak ke wilayah selatan Cianjur.

Berdasarkan informasi yang dihimpun patas.id, kapal tersebut terseret ke Jayanti Minggu (13 Agusutus 2017) pagi. Ukuran kapal yang besar membuatnya jelas terlihat meskipun jaraknya sekitar lebih dari satu kilometer dari bibir pantai. Hingga Senin (14 Agustus 2017), kapal tersebut belum dapat dievakuasi.

Saat dihubungi melalui telepon seluler, Kapolsek Cidaun AKP Faisal mengatakan bahwa kapal tersebut berangkat dari Pacitan Jawa Timur menuju Jakarta, namun saat melintas laut selatan Cianjur, kapal mengalami gangguan pada mesin hingga akhirnya hanyut.

“Mengalami gangguan mesin, sementara ombak sedang besar, jadinya terbawa sampai ke Jayanti dari tengah laut.”

Menurut Faisal, sebenarnya kapal tersebut sudah mulai dievakuasi oleh kapal penderek pada Minggu sore. Sayangnya, kapal penderek itu pun juga mengalami gangguan mesin sehingga tidak bisa berfungsi.

“Sebenarnya hanya satu yang terdampar, tapi karena ada gangguan mesin saat menarik kapal tanker tersebut, kapal lainnya juga ikut tidak bisa beroperasi. Makanya sekarang ada tiga kapal di Jayanti, yang satu lagi kapal bantuan untuk memperbaiki mesin kapal penderek.”

Dia mengungkapkan, kapal yang terdampar tersebut tidak bermuatan, apalagi seperti yang ramai diunggah di media sosial dimana di dalamnya ada pakaian militer. “Kapalnya kosong (tidak bermuatan, red),” ucapnya.

Faisal tidak bisa memastikan kapan kapal tersebut selesai dievakuasi, sebab saat ini tengah dilakukan perbaikan kapal penderek. Jika sudah selesai, dimungkinkan kapal bisa segera dibawa ke Jakarta.

“Mungkin bisa beberapa hari, tergantung kapan selesai diperbaiki. Semoga saja secepatnya,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments