Ditunda, Keberangkatan Dua Calon Jamaah Haji

0
166

CIANJUR, patas.id – Dua calon jamaah haji di kloter 35 asal Cianjur yang rencananya berangkat, Senin (7 Agustus 2017) dini hari, harus menunda keberangkatanya. ‎Tidak hanya itu, beberapa jamaah juga masih menunggu kepastian visa haji yang terlambat didapatkan dalam pemberangkatan kedua dari Cianjur tersebut.

‎Staf Pemberangkatan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Cianjur, Mamat Slamet, mengatakan, jamaah yang berangkat dalam kloter 35 berjumlah 404 orang, ditambah beberapa petugas.

Dia mengungkapkan, dua jamaah harus ditunda dan dipindah keberangkatannya ke kloter 93 pada akhir Agustus lantaran kondisi kesehatannya yang kurang baik. Sementara dua jamaah yang di kloter akhir, menggantikan jamaah tersebut.

“Bukan tidak jadi berangkat tahun ini, yang dua jamaah sakit itu ditunda berangkatnya ke kloter 93. Kuotanya sudah diisi oleh jamaah di kloter akhir tersebut.”

Menurutnya, beberapa jamaah yang belum mendapatkan visa masih diupayakan, supaya ketika pemberangkatan tidak jadi kendala. “Sedang diupayakan, mudah-mudahan nanti malam atau besok pagi sudah ada (visa),” kata dia.

‎Mamat mengatakan, para jamaah haji harus sudah tiba di Embarkasi Bekasi pada pukul 05.00 WIB, sehingga pemberangkatan dilakukan lebih awal. Sementara sebelumnya, pemberangkatan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

“Kan mengejar penerimaan di sana, supaya tidak terlambat, jamaah sudah diberangkatkan sekitar pukul 00.00 WIB, atau paling lambat pukul 01.00 WIB.”

Dia menambahkan, pemberangkatan malam rawan terjadi aksi kriminal, baik pada jamaah ataupun pada keluarga jamaah. Padatnya pengantar membuat pelaku kriminal mendapatkan peluang. Oleh karena itu Kemenag berkoordinasi dengan seluruh aparat keamanan.

“Dari Minggu pagi sudah banyak yang datang. Makanya untuk antisipasi kriminalitas, kami koordinasi dengan Polres, TNI, hingga keamanan lainnya,” ucap dia. (isl)

Comments

comments