Ratusan Domba Ikut Adu Ketangkasan

0
249

CIANJUR, patas.id – Ratusan domba dari berbagai daerah di Jawa Barat dan sekitarnya beradu ketangkasan. Adu ketangkasan domba ini digelar di Lapang Komplek BLK Binawan Cianjur dalam rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-71 dan Hari Jadi Cianjur.

Ketua pelaksana Edi Gunawan mengatakan, kontes ketangkasan domba bertujuan untuk menghidupkan kembali tradisi arena adu ketangkasan domba. Namun selain itu, kegiatan seperti ini menjadi salah satu upaya untuk memacu para peternak domba atau promosi agar hasil ternak domba mereka lebih memiliki nilai kualitas tinggi.

“Dengan begitu perekonomian di Cianjur pun akan meningkat lagi,” kata dia kepada wartawan di sela kegiatan, Minggu (30 Juli 2017).

Menurutnya, ada beberapa kelas penilaian bagi para peserta untuk dikonteskan, yakni kelas rengreng dengan mengandalkan penampilan seperti tanduk bagus serta kelas tempur dengan mengedepankan adu ketangkasan.

Tidak hanya itu, ada juga kelas the best dimana penilaiannya sendiri dilihat dari postur tubuh, perawatan dan kesehatan, teknik bertanding, dan mental keberanian.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya sekali, melainkan menjadi agenda rutin.

“Ini merupakan kegiatan rutin di gelar HPDKI, dan mudah2an kedepannya kita akan melaksanakan kegiatan ini lebih meriah lagi.”

Sekertaris Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia HPDKI Kabupaten Cianjur, Pheno, mengatakan, kontes ketangkasan domba untuk menghidupkan kembali tradisi pamidangan atau arena adu ketangkasan domba, diikuti kurang lebih sekitar 400 peserta dari Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta, dan Banten.

“Kegiatan ini pun di ikuti oleh perwakilan DPC HPDKI. Kami harapkan kesenian dan pelestarian domba ini bisa dijaga bersama, karena ini merupakan salah satu ciri khas seni budaya Indonesia” pungkasnya. ‎(isl)

Comments

comments