Polisi: Jangan Cairkan Dana Desa Sembunyi-sembunyi!

0
226

CIANJUR, patas.id – Polres Cianjur menekankan para kepala desa agar tidak mencairkan anggaran Dana Desa (DD) secara sembunyi-sembunyi. Pasalnya upaya kriminalitas terjadi akibat pencairan tanpa meminta pengawalan pihak kepolisian‎.

Kabagops Polres Cianjur, Kompol Warsito, mengatakan, sejak awal turunnya program anggaran bagi pemerintah desa, pihak kepolisian sudah menawarkan untuk mengawal setiap pencairan anggaran.

“Kami sudah menawarkan dan mengimbau, jika ada yang mencairkan uang dalam jumlah besar dari bank, mohon bantuan pada kepolisian. Baik di perbankan atau langsung ke Polres, tidak ada pungutan biaya sedikitpun,” ujar dia.

‎Dia mengungkapkan, saat ini marak terjadi aksi pencurian atau pembobolan kendaraan yang dicurigai milik kepala atau perangkat desa, sebab membawa uang dengan jumlah banyak usai pencairan ke bank.

BACA: Hati-hati, Rampok Mengincar Uang Pencairan Dana Desa

Para pelaku pun menyasar mereka yang tanpa pengawalan aparat. Ditambah, seringkali para kepala desa mencairkan anggaran ‎secara diam-diam tanpa memberitahu aparat dan memohon pengawalan.

“Indikasinya banyak pencurian ke kepala desa ini karena mereka mencairkan sembunyi-sembunyi. Lebih baik terbuka, libatkan aparat kepolisian untuk mengawal. Seperti yang terjadi belum lama ini di wilayah perkotaan.”

Dia me‎nambahkan, para kepala desa harus lebih sadar untuk mengantisipasi adanya tindak kriminal tersebut, supaya tujuan pemerintah untuk membangun desa dan lebih mandiri bisa terwujud, tanpa terhambat oleh aksi kriminal.

“Apalagi di desa kan ada Babhinkamtibmas, babinsa, dan lainnya. Minimalnya libatkan mereka saat pencairan supaya anggaran aman sampai tujuan, dengan begitu tujuan pembangunan bisa terwujud,” pungkasnya.‎

Diberitakan sebelumnya, kawanan rampok yang menggunakan sepeda motor sempat mengincar uang Rp 168 juta yang tersimpan di mobil sedan Toyota Corolla milik Kepala Desa Sukasari Kecamatan Karangtengah, sekitar pukul12.00 WIB, saat diparkirkan di toko Soneta samping Taman Joglo.

Beruntung aksi percobaan perampokan dengan menggunakan dua sepeda motor tersebut digagalkan oleh pemilik dan pelayan toko. (isl)

Comments

comments