Turis Asal Timur Tengah Tingkatkan Kriminalitas?

0
245
CIANJUR, patas.id – Dalam sepekan terakhir, sebanyak empat laporan masuk ke Polsek Pacet terkait aksi kriminalitas dan konflik antara wisatawan asal Arab Saudi dengan warga sekitar.
Hal itu diungkapkan, Kanit reskrim Polsek Pacet, Ipda Yosua Farin Setiawan. Menurutnya, musim kedatangan para turis asal Timur Tengah seringkali meningkatkan jumlah laporan adanya kriminalitas dan perseteruan.
“Ketika waktunya wisatawan Timur Tengah datang di bulan-bulan tertentu, selalu ada peningkatan tindakan pencurian, peredaran miras, dan perkelahian,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler.
Dia mengatakan, dalam sepekan rata-rata ada lima sampai enam laporan yang masuk. “Untuk pekan ini juga ada lima laporan. Biasanya laporan yang masuk dari turis atau warga itu datang malam hingga dini hari,” ucap dia.
Namun dia mengungkapkan, dari beberapa laporan pencurian oleh turis tersebut, sering ditemukan kenyataan bahwa pelaku tidak menunjukkan bukti telah terjadinya aksi kriminal tersebut.
“Pengakuannya diduga oleh sopir yang mengantar mereka berwisata di Cianjur. Tapi sering tidak ditemukan bukti apapun. Jadi aksi kriminal yang sangat bersih, jadi kecurigaan juga, apakah memang terjadi atau tidak.”
Meski begitu, lanjut Yosua, pihaknya akan meningkatkan pengawasan dan patroli, khususnya di tempat-tempat yang banyak dijadikan penginapan sementara para turis asal timur tengah. “Kami akan coba pantau dan tingkatkan patroli. Wisatawan juga diimbau agar lebih berhati-hati,” katanya. (isl)

Comments

comments